nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Imbas Virus Korona, Agen Perjalanan China Hentikan Wisata ke Batam

Aini Lestari, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 22:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 27 340 2159210 imbas-virus-korona-agen-perjalanan-china-hentikan-perjalanan-wisata-ke-batam-g12vnvEe3T.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

BATAM - Agen perjalanan wisata China memutuskan untuk menghentikan dan menutup rute wisata ke Batam, Kepulauan Riau (Kepri) terhitung sejak Selasa, 28 Januari 2020.

Penutupan jalur wisata ke Batam ini sehubungan dengan menyebarkan virus Korona yang tengah menghantui negara tirai bambu tersebut.

“Untuk sementara dihentikan, mulai besok,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Batam, Suwarso, Senin (27/1/2020).

Suwarso menyebutkan, keputusan tersebut diambil oleh pemerintah China agar penyebaran virus Korona tidak semakin meluas. Keputusan tersebut membuat penerbangan dari dua kota di China yakni Xian dan Shenzhen yang dilayani oleh maskapai Batik Air ditutup hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

Baca Juga: Virus Korona Buat Pariwisata Badung Bali Terguncang

“Memang dari tour and travel agennya yang menghentikan. Jadi secara otomatis rute tersebut tidak ada untuk sementara waktu,” kata Suwarso lagi.

Kendati demikian, lanjut Suwarso, akan ada perjalanan dari Batam menuju Shenzhen dan Xian dalam kurun waktu 3 hari ke depan. Perjalanan ini dilakukan guna pemulangan turis yang berasal dari China ke negara asalnya.

“Ada 3 kloter pemulangan lagi. Penerbangan dimulai nanti malam, pukul 18.00 wib. Nah, biasanya kan terbang dari sini malam, sampai di sana mereka akan bawa turis lagi ke sini. Tapi mulai besok itu, maskapai yang terbang akan kembali ke Batam dalam keadaan kosong,” kata Suwarso.

Untuk satu kloter perjalanan dari Batam, maskapai Batik Air yang melayan rute tersebut dengan Airbus 320 akan mengangkut sekitar 150 orang penumpang dan berangkat setiap hari pada pukul 18.00 wib. Sedangkan rute penerbangan dari China akan tiba di Batam pukul 04.50 pagi.

“Setelah semua turis tiga kloter ini selesai dipulangkan, maka rute dari Batam ke China ataupun sebaliknya dihentikan dulu,” kata Suwarso.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini