RS Hasan Sadikin Tunggu Hasil Tes 2 Suspect Virus Korona

CDB Yudistira, Okezone · Senin 27 Januari 2020 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 27 525 2158881 rs-hasan-sadikin-tunggu-hasil-tes-2-suspect-virus-korona-nOs7qPKGTd.png RS Hasan Sadikin, Bandung. (Foto: Okezone.com/CDB Yudistira)

BANDUNG – Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dr. Nina Susana Dewi mengatakan, dua orang suspect virus korona sedang diobservasi. Pihaknya akan membawa sampel tes keduanya ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) di Jakarta.

"Statusnya masih observasi, hari ini kami kirimkan sampelnya ke Litbangkes untuk diperiksa. Hasilnya kalau tidak ada gangguan, dalam 24 jam sudah bisa diterima," kata dr. Nina Susana Dewi kepada wartawan, Senin (27/1/2020).

Salah satu yang ter-suspect merupakan warga negara China berjenis kelamin pria. Ia masuk ke RSHS berdasarkan rujukan dari RS Cahya Kawaluyaan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada Minggu 26 Januari 2020.

Alasan RSHS melakukan observasi terhadap WNA tersebut karena yang bersangkutan baru tiba di Indonesia pada 12 Januari 2020 dari China. Ia mengunjungi Xinhua, yang berjarak kurang lebih 1.300 Kilometer dari Kota Wuhan.

(Foto: Okezone.com/CDB Yudistira)

Sementara satu orang lainnya merupakan rujukan dari RS Borromeus, Bandung. Korban masuk ke RSHS dalam kondisi tidak sadar dan mengalami kejang. Alasan orang tersebut diobservasi karena baru pulang dari Singapura pada 22 Januari 2020. Korban yang punya riwaya epilepsy itu sakit pada 25 Januari 2020 dan dibawa pihak keluarga ke RS Borromeus.

"Yang bersangkutan kita observasi karena ada gangguan saluran napas bawah," ujar Nina.

Nina mengatakan, pihaknya saat ini belum dapat menegaskan hasil sampel kedua orang suspect karena masih menunggu hasil dari laboratorium di Litbangkes.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini