nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dokter RSUP Kariadi Semarang Beberkan Jurus Ampuh Tangkal Virus Korona

Taufik Budi, iNews.id · Selasa 28 Januari 2020 23:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 28 512 2159797 dokter-rsup-kariadi-semarang-beberkan-jurus-ampuh-tangkal-virus-korona-Bll9vgTlrE.JPG Ketua Tim Penyakit Infeksi RSUP dr Kariadi Semarang, dr. Muchlis Achsan Udji (Foto: iNews.id)

SEMARANG - Virus Korona asal Wuhan, China menggegerkan seantero jagat karena menelan korban jiwa hingga puluhan orang. Tanah Air pun tak kalah heboh, karena sejumlah orang harus mendapatkan perawatan di ruang isolasi karena diduga terpapar korona.

Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging RSUP dr Kariadi, Dr. dr. Muchlis Achsan Udji, SpPD-KPTI mengimbau masyarakat tetap tenang di tengah santernya pemberitaan virus korona. Terlebih banyak informasi yang berseliweran di media sosial yang belum diketahui pasti kebenarannya.

"Kami tetap waspada, tidak terlena tapi mohon jangan berlebihan karena seperti yang kami sampaikan, kalau kita terlalu panik sistem kekebalan tubuh kita akan turun drastis," kata Muchlis, Selasa (28/1/2020).

"Sementara virus itu sebetulnya bisa ditangani kalau sistem kekebalan tubuh kita baik. Jadi walaupun virus itu masuk kalau sistem imun kita bagus itu akan tereliminasi dengan sendirinya," tegas dia.

Dia melanjutkan, masyarakat mesti meningkatkan pola hidup sehat, dengan makan teratur dan bergizi. Selain itu, istirahat yang cukup juga akan menjadikan tubuh lebih kuat sehingga tak mudah terserang penyakit.

Ilustrasi

"Jangan lupa kita juga harus hidup sehat, cukup makan dan teratur. Dan yang terpenting jangan panik," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr Kariadi, dr. Agoes Oerip, SpOG(K), MARS, menambahkan, pihaknya siap memberikan pelayanan terbaik bagi pasien yang diduga terpapar Korona. Selain tempat perawatan berupa ruang isolasi, juga disiagakan dokter-dokter terbaik.

"Secara prinsip kami siap menerima kalau misalnya ada kasus. Mari mengedukasi terkait pencegahan infeksi, bagaimana cuci tangan, bagaimana pola hidup sehat, kebiasaan cuci tangan dan sebagainya," kata Agoes.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini