nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal China Masuk Perairan Pangkep Sulsel, 21 ABK Negatif Korona

Herman Amiruddin, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 12:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 07 609 2164794 kapal-china-masuk-perairan-pangkep-sulsel-21-abk-negatif-korona-taioelNo9f.jpg Anak buah kapal dari Kapal China dinyatakan negatif virus korona. (Foto : Okezone.com/Herman Amiruddin)

MAKASSAR – Sebanyak 21 anak buah kapal (ABK) Kapal Cargo Curah asal China dinyatakan negatif virus korona. Hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Syahbandar Pelabuhan Biringkassi, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Petugas Kesyahbandaran UPP Pangkep, Kapten Kurniawan Agung mengatakan kapal asal China Genco Brougogne yang berlayar dari Hong Kong membawa 21 ABK warga kebangsaan China sudah berlabuh di perairan kolam Pelabuhan Biringkassi Pangkep.

"Sudah berlabuh dan dinyatakan negatif dari virus. Saat ini yang asal China sudah bersandar di dermaga Biringkassi. Setelah diperiksa secara khusus oleh tim karantina KKP di area kolam Biringkassi," kata Kapten Agung.

Meski kapal sudah bersandar, 21 ABK beserta nakhoda dilarang turun di dermaga pelabuhan, sebelum ada izin dari imigrasi setempat.

ABK Kapal Cargo Curah asal China dinyatakan negatif virus korona. (Foto : Okezone.com/Herman Amiruddin)

Sementara Koordinator Wilayah Kerja Pelabuhan Khusus Biringkassi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, Zulkarnain Amiruddin mengatakan, hasil pemeriksaan semua kru ABK dinyatakan negatif terhadap virus korona.

"Namun, saya imbau tidak ada yang menyentuh kapal tersebut karena masih dalam masa inkubasi sampai enam hari ke depan karena kapal sudah berlayar dari Hong Kong 8 hari," kata Zulkarnain yang memimpin pemeriksaan terhadap 21 ABK tersebut.

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan terhadap awak kapal tersebut telah sesuai SOP.

Kapal asal China Genco Brougogne bersandar di Pelabuhan Biringkassi Pangkep. (Foto : Okezone.com/Herman Amiruddin)

"Semua aman. Suhu tubuhnya 36 sampai 37 derajat, tidak ada yang sampai 38 suhunya. Kalau ada langsung kita arahkan ke Wahidin, selama enam hari ke depan kita akan tetap awasi," ucapnya.

Kapal Genco Bourgogne bertolak dari Hong Kong menuju Pangkep. Tujuannya ke Pangkep untuk bongkar muat muatan berupa klinker dari PT Semen Tonasa.


Baca Juga : Virus Korona Mewabah, 21 ABK China Diperiksa saat Masuk Perairan Pangkep

Kapal tersebut sudah tiba pada 5 Februari kemarin sekira pukul 13.00 Wita siang. Sesuai aturan, kapal ini tidak bisa langsung bersandar ke Pelabuhan Biringkassi Pangkep jika tidak diperiksa oleh KKP dan Syahbandar.


Baca Juga : Syahbandar Pelabuhan Pangkep Tunggu Hasil Pemeriksaan Kesehatan 21 ABK Kapal China

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini