nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amerika Serikat Siap Bantu Korea Utara Perangi Covid-19

Rachmat Fahzry, Okezone · Jum'at 14 Februari 2020 17:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 14 18 2168578 amerika-serikat-siap-bantu-korea-utara-perangi-covid-19-eVa2g3Qrab.jpg Juru Bicara Kemenlu AS Morgan Ortagus. (Foto/Kemenlu AS)

SEOUL - Amerika Serikat menyatakan keprihatinan terhadap Korea Utara dalam menghadapi wabah virus korona Covid-19 dan mengatakan siap mendukung negara memeragi penyebaran virus di negara tersebut.

Melalui akun Twitternya, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Morgan Ortagus dalam sebuah pernyataan, Jumat (14/2/2020) yang mengatakan bahwa Korea Utara sedang berjuang untuk memperkuat fasilitas tindakan karantina Covid-19.

Korea Utara belum melaporkan kasus Covid-19, tetapi laporan media pemerintah mengisyaratkan bahwa sejumlah orang telah dikarantina setelah menunjukkan gejala terjangkit virus yang berasal dari Wuhan, China.

Para ahli mengatakan epidemi Covid-19 di Korea Utara, bisa mengerikan karena kurangnya pasokan medis dan infrastruktur perawatan kesehatan yang buruk.

"Kami sangat mendukung dan mendorong pekerjaan organisasi bantuan dan kesehatan AS dan internasional untuk melawan dan menahan penyebaran virus korona di DPRK," kata Ortagus.

"Amerika Serikat siap dan siap untuk secara cepat memfasilitasi persetujuan bantuan dari organisasi-organisasi ini," lanjut dia.

Korea Utara telah melarang turis asing, mengintensifkan penyaringan di bandara, pelabuhan dan daerah perbatasan, dan mengerahkan sekitar 30.000 petugas kesehatan untuk memantau penduduk untuk mencegah penyebaran virus.

Korea Utara juga memberlakukan karantina selama sebulan untuk semua pengunjung asing dan yang diduga terinfeksi virus.

Kedutaan Besar Rusia di Pyongyang mengatakan dalam sebuah posting Facebook awal bulan ini bahwa Korea Utara mengkarantina warga asing selama 15 hari.

"Semua lembaga dan bidang negara dan orang asing yang tinggal di DPRK harus mematuhinya tanpa syarat," kata Kantor Berita Korea Utara.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini