nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Korona, Presiden Xi Jinping Serukan Perbaikan Sistem Tanggap Darurat Kesehatan China

Rachmat Fahzry, Okezone · Sabtu 15 Februari 2020 12:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 15 18 2168895 virus-korona-presiden-xi-jinping-serukan-perbaikan-sistem-tanggap-darurat-kesehatan-china-3R3rqT5xne.jpg Presiden China Xi Jinping. (Foto/Kemendag China)

BEIJING - Presiden Xi Jinping menyerukan perbaikan menyeluruh terhadap sistem tanggap darurat kesehatan China.

Seruan itu disampaikan saat China terus memerangi wabah virus korona atau Covid-19 yang telah membunuh lebih 1.500 jiwa.

Presiden Xi menekankan perlunya memperkuat undang-undang tentang kesehatan masyarakat. Selain itu ia juga menyerukan peninjauan undang-undang tentang pencegahan dan pengobatan penyakit menular, perlindungan satwa liar, serta perlunya mempercepat undang-undang tentang biosekuriti.

Baca juga: Kemenkes Pastikan 238 WNI yang Dipulangkan dari Natuna Negatif Virus Korona

Melansir South China Morning Post, yang mengutip kantor berita Xinhua, Xi dalam sebuah pertemuan dengan para pemimpin negara menyebut virus korona sebagai ujian untuk sistem tata kelola nasional.

“[Kita harus] memenangkan pertempuran ini melawan penularan dengan mengandalkan ilmu pengetahuan dan mengambil tindakan tegas, "kata kantor berita Xinhua mengutip pernyataan Xi.

“[Kita perlu] memperbaiki mekanisme pencegahan dan kontrol kita untuk epidemi utama, dan memperkuat sistem manajemen kesehatan masyarakat nasional kita,” lanjut dia.

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) melaporkan 1.443 kematian terbaru akibat virus korona Covid-21, sehingga total korban meninggal menjadi 1.523 jiwa di negara itu pada Jumat 14 Februari 2020.

Melansir laman NHC, Sabtu (15/2/2020) sebanyak 2.641 orang dilaporkan terinfeksi Covid-19, sehingga total pasien terjangkit virus yang berasal dari Kota Wuhan, Hubei, mencapai 66.492 orang.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini