Pemkot Pontianak Perbanyak CCTV Pantau Gelandangan dan Pengemis

Ade Putra, Okezone · Rabu 19 Februari 2020 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 340 2170751 pemkot-pontianak-perbanyak-cctv-pantau-gelandangan-dan-pengemis-Th0q3xG0tm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak terus menertibkan gelandangan dan pengemis yang masih berkeliaran. Kamera Closed Circuit Television (CCTV) akan dipasang di setiap sudut kota untuk mengintensifkan pemantauan.

"Kita akan pasang CCTV di setiap sudut kota agar lebih mudah terpantau," ujar Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtoni, Selasa 18 Februari 2020.

Edi menambahkan, CCTV bisa memantau keberadaan gelandangan dan pengemis yang semakin marak di Kota Pontianak. CCTV diyakini mempermudah petugas untuk memperingatkan gelandangan dan pengemis melalui pengeras suara.

"Jadi, petugas tidak perlu nongkrong di sana (perempatan jalan). Cukup lihat di CCTV lalu diumumkan pelarangan gelandang dan pengemis sesuai peraturan daerah," ujarnya.

Menurut Edi, rata-rata gelandangan dan pengemis yang ada bukan berasal dari Kota Pontianak. Pemkot juga telah melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap keberadaan gelandangan dan pengemis.

Infografis Okezone.

Namun upaya tersebut tak semudah membalikkan telapak tangan. Gelandangan dan pengemis yang ada kerap bermain kucing-kucingan dengan petugas.

Contohnya saat petugas ada di lapangan, para pengemis dan gelandangan menghilang. Namun saat petugas tidak ada, pengemis dan gelandangan berkeliaran. "Bahkan ada sindikat yang memanfaatkan kekurangan untuk mencari keuntungan," ucapnya.

Selain iu, keberadaan CCTV juga diperlukan untuk mempermudah monitoring kawasan yang dianggap rawan, contohnya di perempatan jalan dan taman-taman.

CCTV juga bisa mempermudah petugas Pontive Center Pemkot Pontianak memantau setiap laporan kriminalitas dan pelanggaran yang diterima. "Semakin banyak CCTV, maka semakin mudah kita melakukan monitor," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini