nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Genangi Ratusan Rumah, Jalan Pantura dan Sawah di Probolinggo

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 12:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 23 519 2172823 banjir-genangi-ratusan-rumah-jalan-pantura-dan-sawah-di-probolinggo-eyCp41EPMZ.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

PROBOLINGGO - Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Probolinggo pada Sabtu siang hingga malam menyebabkan beberapa titik terendam banjir.

Ada dua kecamatan yang terdampak banjir di Probolinggo, di Kecamatan Gending ada yang terendam genangan banjir, yakni Desa Gending, Desa Bulang Sumberkerang, Desa Pajurangan, Desa Sebauang, Desa Pesisir, dan Desa Brumbungan Lor. Sementara di Kecamatan Leces, Desa Sumberkedawung, yang terendam banjir.

Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan banjir disebabkan jebolnya tanggul dari aliran sungai setempat, sehingga menggenangi ratusan rumah warga, dengan ketinggian bervariasi mulai 50 sentimeter hingga satu meter.

"Banjir disebabkan tanggul penahan air di aliran sungai setempat yang jebol karena tak mampu menahan debit air, panjang tanggul enam meter dengan tinggi dua meter," jelas Anggit saat dikonfirmasi Minggu pagi (23/2/2020).

Pihaknya menambahkan di Kecamatan Leces setidaknya 1,5 hektar lahan persawahan dan 200 kepala keluarga terdampak banjir.

"Banjir juga merendam jalan raya pantura di Desa Brumbungan Lor. Hingga pagi ini air mulai surut, fokus kami pada pembersihan lokasi banjir," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini