Tanggul Jebol Tak Diperbaiki, Ratusan Rumah Warga Kembali Terendam Banjir

Pipiet Wibawanto, iNews · Senin 25 Januari 2021 20:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 519 2350665 tanggul-jebol-tak-diperbaiki-ratusan-rumah-warga-kembali-terendam-banjir-ZYJ9VNEEBi.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

TUBAN - Jebolnya tanggul Waduk Sundulan yang tak kunjung diperbaiki, mengakibatkan ratusan rumah warga di Kabupaten Tuban, Jawa Timur kembali terendam banjir bandang, hingga setinggi 70 centimeter, Senin (25/1/2021) malam.

Akibatnya, ratusan rumah warga di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban kembali terendam banjir bandang.

“Kami barharap perbaikan tanggul jebol ini, segera di bangun secara permanen dengan cepat, karena selama tanggul belum diperbaiki,” kata warga sekitar, Abdul Muktar.

Baca juga:  Bekasi Siagakan 23 Posko Antisipasi Banjir

Sebelumnya, ratusan rumah warga ini terendam banjir setinggi 1 meter lebih, saat jebolnya tanggul waduk empat hari lalu. Hingga saat ini belum ada perbaikan dari dinas terkait, sehingga fungsi waduk sebagai tampungan air hujan tidak dapat berfungsi.

Baca juga:  Sejumlah Daerah Berpotensi Diterjang Banjir pada Akhir Januari 2021

Sedikitnya, ada 130 rumah warga terendam banjir kembali, dengan ketinggian rata-rata 70 centimeter. Tingginya curah hujan, serta beralihnya fungsi hutan sebagai lahan pertanian, menyebabkan air hujan tidak lagi terserap tanah.

“Banjir ini berkaitan dengan jebolnya embung, karena air dari hulu curah hujan sangat tinggi dan hutannya juga gundul,” kata Kades Sumberagung, Sunarto.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini