Antisipasi Virus Korona Masjid Raya Bandung Disterilisasi

CDB Yudistira, Okezone · Sabtu 14 Maret 2020 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 14 525 2183202 antisipasi-virus-korona-masjid-raya-bandung-disterilisasi-FgG75dcdJ7.jpg Petugas saat strelisasi Masjid Raya Bandung (foto: Okezone.com/CDB)

BANDUNG - Untuk antisipasi penyebaran virus korona, Pemkot Bandung bersama Polda Jabar dan Polrestabes Bandung melakukan pembersihan dan menyemprotkan disinfektan di Masjid Raya Bandung, Sabtu (14/3/2020).

Penyemprotan disinfektan itu dilakukan oleh sekitar empat personel dari Unit Kimia Biologi Radioaktif (KBR) Gegana Brimob Polda Jawa Barat.

Terlihat para petugas yang melakukan sterilisasi menggunakan baju proteksi biologi level c saat menyemprotkan disinfektan.

Penyemprotan disinfektan dilakukan di setiap sisi. Pembersihan dilakukan di luar dan di dalam mesjid. Penyemprotan diluar menggunakan mobil itu untuk sterilisasi terhadap trotoar, pohon, halte bus, dan titik lainnya di sekeliling kawasan Alun-alun Bandung.

"Kegiatan ini untuk mensialiasikan bahwa kita harus bersih diri sendiri dulu, Kita tahu penyakit itu (ada), namun kita jangan panik, tetap waspada," kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Ulung Sampurna Jaya di lokasi pembersihan.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Raya Bandung Muhtar mengatakan setiap hari nya lebih 500 jemaah memadati Masjid Raya Bandung untuk melakukan ibadah. Sedangkan saat akhir pekan, menurutnya ada 1.000 lebih jemaah yang memadati masjid.

"Kalau jumatan itu biasanya 11 ribu jamaah, masjid ini maksimalnya menampung 15 ribu jamaah," kata Muhtar.

Terkait dengan antisipasi Corona, pihaknya masih akan menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menentukan langkah-langkah pencegahan. Termasuk, kata Muhtar, untuk memikirkan pembatasan keramaian jamaah di masjid.

"Kita masih menunggu arahan dari Pemprov, karena masjid ini kan di bawah Pemprov. Kalau tindakan preventif seperti penyemprotan ini saya rasa ya harus dilakukan," kata Muhtar.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini