Share

Sempat Bersentuhan Langsung dengan Menhub, Bupati Luwu Tegaskan Dirinya Sehat

Herman Amiruddin, Okezone · Senin 16 Maret 2020 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 609 2184306 sempat-bersentuhan-langsung-dengan-menhub-bupati-luwu-tegaskan-dirinya-sehat-qrzlPsLJSM.jpg Bupati Luwu Basmin Mattayang tegaskan dirinya sehat kendati sempat bersentuhan langsung dengan Menhub Budi Karya Sumati yang positif covid-19 (Foto : Okezone.com/Herman)

MAKASSAR - Nama Bupati Luwu, Basmin Mattayang ramai diperbincangkan publik setelah dirinya bersama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang kini positif covid-19, melakukan lawatan ke Kabupaten Luwu 28 Februari 2020.

Meski sempat viral lewat video yang beredar dengan pose jabat tangan dan cipika-cipiki dengan Menhub, namun Basmin menegaskan kondisi suhu tubuhnya normal hingga saat ini.

Hal itu diungkapkan Basmin Mattayang di sela-sela dirinya memimpin rapat koordinasi dengan sejumlah SKPD-nya di Makassar membahas terkait langkah pencegahan penyebaran covid-19 di daerah yang dipimpinnya saat ini.

"Saya diisukan sudah sakit keras setelah bertemu Menhub, disebut tidak bisa makan lagi. Jelas itu tidak benar dan hoax. Justru nafsu makan saya normal dan naik," kata Basmin dalam keterangannya kepada wartawan di Makassar, Senin (16/3/2020).

Diketahui, peristiwa Basmin cipika-cipiki dengan Menhub terjadi pada Jumat, 28 Februari 2020. Saat itu Basmin menyambut Menhub yang tiba di Bandara Lagaligo Bua di Luwu. Saat itu Menhub bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meninjau landasan pacu bandara itu.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Virus Corona, 40 Destinasi Wisata Jateng Ditutup

Baca Juga : Mensesneg: Menhub Budi Karya Positif Virus Korona

Adapun mengenai mengenai kondisi kesehatan dirinya, ia mengaku sangat sehat setelah melakukan pengecekan oleh tim medis atau dokter. "Jadi, tidak perlu tes kesehatan karena tidak ada gejala Corona. Suhu badan saya dicek normal 36 derajat," ujar Basmin.

Sementara itu berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus Corona, Basmin mengaku telah menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan instansi terkait, yakni pimpinan DPRD Luwu, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Ketenagakerjaan Luwu.

Beberapa poin hasil rakor tersebut di antaranya, aparat dan warga Luwu diharapkan mewaspadai kunjungan tamu, dari dalam dan luar negeri, khususnya negara yang terinfeksi Corona, serta membatasi kegiatan-kegiatan yang dihadiri banyak orang dan di luar rumah.

"Kebijakan meliburkan siswa di Luwu kita tunggu arahan Gubernur Sulsel, ada pun kegiatan yang dihadiri banyak orang di Luwu itu biasanya pesta pernikahan, jadi kita minta warga Luwu agar membiasakan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah acara," ujarnya.

Pihaknya pun telah mengingatkan semua masyarakat untuk waspada penyebaran virus corona. Hal ini dengan berhati-hati jika menerima tamu.

"Laporkan diri bagi yang sudah kunjungan daerah dari yang terpapar, baik dalam negeri maupun luar negeri. Tundah keluar rumah jika tidak terlalu penting. Untuk semua dinas agar tidak melakukan perjalanan keluar kota tanpa seizin bupati atau undangan dari presiden," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini