nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Iran Tolak Tawaran Bantuan AS untuk Hadapi Pandemi Corona

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 14:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 23 18 2187679 iran-tolak-tawaran-bantuan-as-untuk-hadapi-pandemi-corona-Cnrfjd39bR.jpg Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. (Foto: Reuters)

TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran telah menolak tawaran bantuan Amerika Serikat (AS) untuk mengatasi pandemi virus corona (COVID-19) di negara itu.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Ayatollah Ali Khamenei mengatakan AS adalah "musuh paling jahat" Iran dan menyiratkan teori konspirasi, yang juga disuarakan oleh beberapa pejabat China, bahwa AS bertanggung jawab atas pandemi yang saat ini melanda dunia.

“Saya tidak tahu seberapa nyata tuduhan ini tetapi ketika (tuduhan) itu ada, orang waras mana yang akan memercayai Anda untuk membawa obat kepada mereka?" Kata Khamenei sebagaimana dilansir BBC, Senin (23/3/2020). "Mungkin obat Anda adalah cara untuk menyebarkan lebih banyak virus."

Khamenei juga menuduh virus corona "secara khusus dibuat untuk Iran menggunakan data genetik orang Iran yang telah mereka peroleh melalui berbagai cara".

Pejabat Iran lainnya juga menuduh AS menunjukkan kemunafikan karena menawarkan bantuan sementara menolak untuk mencabut sanksi terhadap Iran.

Iran telah menjadi salah satu negara yang terkena dampak penyakit Covid-19 paling parah di dunia.

Negara itu telah mencatat 21.600 kasus, yang tertinggi di Timur Tengah dengan korban meninggal mencapai 1.685. Ada kekhawatiran angka-angka tersebut sebenarnya lebih tinggi dari yang diumumkan pemerintah.

Hari ini, badan amal medis Prancis MSF mengatakan pihaknya membangun pusat darurat dengan 50 tempat tidur di Provinsi Isfahan Iran untuk mendukung upaya bantuan. Bersama Inggris dan Jerman, Prancis sudah menyumbangkan paket bantuan medis ke Iran, di tengah meningkatnya ketegangan politik antara negara-negara tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini