nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sembuh dari Virus Corona, Begini Kesaksian Dokter Markus

Syaiful Islam, Jurnalis · Rabu 25 Maret 2020 14:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 25 519 2188790 sembuh-dari-virus-corona-begini-kesaksian-dokter-markus-v6AVwQ0lrO.jpg ilustrasi

SURABAYA - Sebanyak 51 warga Jatim positif covid 19 atau virus corona. Dua diantaranya telah meninggal dunia, dan lima dari mereka berhasil sembuh. Salah satu pasien virus corona yang sembuh adalah dr Markus.

Selama ini dr Markus menjalani perawatan di RSUD dr Soetomo Surabaya. Dr Markus sendiri merupakan salah satu dokter program pendidikan dokter spesialis (PPDS) anestesi di RSUD dr Soetomo, Surabaya.

Dia terjangkit virus corona karena tertular pasien positif lain yang dirawat di RSUD dr Soetomo. Saat itu ada pasien corona yang tidak terlalu parah atau masih bisa jalan pergi ke kamar mandi.

Kemudian saat keluar kamar mandi, pasien yang tidak memakai masker itu bersin. Disaat bersamaan dr Markus lewat, dan akhirnya tertular virus corona.

"Saya ucapkan terima kasih pada ibu Gubernur Jatim beserta jajarannya. Saya ucapkan terima kasih pada guru-guru dari departemen anestesi RSUD dr Soetomo sampai berbagai pihak yang membantu dan merawat saya sampai sembuh," terang dr Markus saat teleconference di gedung Grahadi, Selasa 24 Maret malam.

Menurut dr Markus, dirinya berharap segera dilakukan tes massal sehingga masyarakat tahu apakah positif maupun negatif virus corona. Ketika hasilnya positif, masyarakat punya tanggung jawab untuk diisolasi di rumah agar tidak menular pada orang lain.

Dia juga berharap ada perbaikan dan kelengkapan peralatan yang kurang di rumah sakit. Hal itu dilakukan untuk menghindari infeksi yang mengarah pada gejala yang berat.

"Saya berharap pemerintah Provinsi Jatim menyediakan rumah singgah bagi tenaga medis. Tujuannya untuk mencegah penularan virus ke keluarga, saat mereka kembali pulang ke rumah. Saya juga ucapkan terima kasih pada masyarakat yang melakukan social distancing dan berdiam diri di rumah. Ini sebagai langkah mengurangi penularan virus corona," tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini