nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korban Tewas Akibat Covid-19 di Italia Tembus 10 Ribu Jiwa

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 29 Maret 2020 11:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 29 18 2190681 korban-tewas-akibat-covid-19-di-italia-tembus-10-ribu-jiwa-kByz6zPNto.jpg Foto: Okezone.

ROMA – Jumlah korban meninggal akibat infeksi virus corona (COVID-19) di Italia telah mencapai 10.023 jiwa pada Sabtu 28 Maret 2020 waktu setempat, setelah negara itu mencatat 889 angka kematian dalam 24 jam terakhir. Angka itu menjadi catatan tertinggi korban meninggal dalam sehari di Italia, sejak kemunculan kasus positif COVID-19 pertama di pada akhir Februari.

Perdana Menteri (PM) Italia, Giuseppe Conte, menyerukan lembaga Uni Eropa untuk bertindak tegas secara bersama mengatasi pandemi. Conte juga menduga sejumlah negara lamban mengambil keputusan dengan pertimbangan dampak krisis ekonomi baru akibat wabah tersebut.

"Kita semua berada dalam titik kritis menghadapi sebuah tantangan baru sepanjang sejarah Eropa. Saya menyerukan hal ini sebagai wakil sebuah negara yang sangat menderita dan tidak bisa menunda upaya penanganan lebih lama lagi," kata Conte seperti dilansir dari laman The Guardian.

Dengan perkembangan terbaru ini, kemungkinan perpanjangan pembatasan aktivitas total (lockdown) secara nasional di Italia semakin besar. PM Conte memiliki opsi untuk menetapkan pertengahan April, sebagai batas baru pelaksanaan kebijakan tersebut.

Institut Tinggi Kesehatan Italia (ISS) menyebut puncak pandemi corona di Italia mulai mendekati masa puncak. Berdasarkan data terbaru pada Sabtu, temuan warga dengan infeksi baru berjumlah 5.974 orang. Tambahan itu menjadikan total infeksi COVID-19 di Italia menjadu 92.472 kasus.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini