nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemkot Malang Siapkan Rp21 Miliar Bantu Warga Terdampak Corona, Termasuk PKL-Sopir Angkot

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 15:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 31 519 2191856 pemkot-malang-siapkan-rp21-miliar-bantu-warga-terdampak-corona-termasuk-pkl-sopir-angkot-ou8TWCACIR.jpg Ilustrasi. (Foto : Shutterstock)

KOTA MALANG – Wali Kota Malang, Sutiaji, tengah menyiapkan dana bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak langsung pandemi virus corona (Covid-19) ini.

Sutiaji mengatakan, dana tersebut nantinya didistribusikan dengan cara transfer melalui bank ke masing-masing penerima yang sudah terdata oleh Pemkot Malang.

"Sekarang masih proses penyelesaian (datanya). Mungkin mulai besok sudah mulai proses pencairannya. Misalnya ketika bentuk barang, kita kan harus komunikasi dengan orang lagi. Tapi harapannya nontunai dan ditransfer ke masing-masing orang yang terdampak itu," tutur Sutiaji.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Malang, Nur Widianto menjelaskan, sesuai instruksi Wali Kota Malang ada penambahan dana yang disiapkan untuk penanganan warga yang terdampak virus corona.

"Skenario awal kemarin kita siapkan Rp37 miliar untuk penanganan corona dan Rp10 miliar untuk jaring bantuan sosial. Tapi Pak Wali minta ditingkatkan karena untuk antisipasi terburuk karena tidak tahu wabah ini selesainya kapan, jadi ditambah Rp58 miliar dan Rp21 miliar untuk kelompok terdampak sebagai rencana cadangan," kata Nur Widianto, pada Selasa (31/3/2020).

Nantinya, bantuan tersebut, lanjut Widianto, akan didistribusikan bekerja sama dengan perbankan melalui bentuk nontunai. Pihaknya tengah mendata sejauh mana sejumlah kelompok yang terdampak secara ekonomi imbas corona

"Sekarang tim Pemkot masih melakukan pemetaan untuk warga yang terdampak corona. Pertama, kita sasar pelaku ekonomi yang rentan, seperti PKL (pedagang kaki lima) di lingkungan sekolah yang ditutup, PKL di tempat wisata dan pasar malam, lalu warga miskin yang datanya melekat," ujarnya.

Baca Juga : Rombongan Pengantin Dicek Suhu Tubuh di Posko Covid-19 

Pemkot Malang sudah menyiapkan skenario bantuan sosial bagi para pekerja yang pendapatannya menurun seperti halnya sopir angkutan kota (angkot).

"Sopir angkot juga otomatis kena. Nah, para pekerja ini kan tidak ada aktivitas. Itu nanti akan kita intervensi," ujarnya.

Baca Juga : Pemkot Malang Pastikan Bilik Sterilisasi Corona Berbahan Antiseptik dan Aman bagi Manusia

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini