nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Corona, Pemkot Awasi Ketat Pemudik yang Tiba di Kota Malang

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 01 April 2020 15:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 01 519 2192403 antisipasi-corona-pemkot-awasi-ketat-pemudik-yang-tiba-di-kota-malang-Bh6DbltYf4.jpg Terminal Arjosari Malang. (Foto: Okezone.com/Avirista)

KOTA MALANG - Pemkot Malang memeriksa secara ketat para pemudik yang tiba, terlebih bagi mereka yang berasal dari zona merah virus corona (Covid-19). 

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto menjelaskan, pemeriksaan ketat kesehatan ini akan dimulai dari pintu-pintu masuk di Kota Malang, seperti terminal dan stasiun. 

"Di pintu-pintu masuk kedatangan, apakah itu di terminal, stasiun, dan di bandara dilakukan pengecekan dan pengawasan kesehatan secara ketat. Sehingga bisa di-tracking secara dini," ungkap Widianto, saat dihubungi Okezone, Rabu (1/4/2020). 

Khusus bagi layanan transportasi kereta api, pemeriksaan bahkan sudah dimulai sejak stasiun awal keberangkatan penumpang. Bila di keberangkatan penumpang dinyatakan kurang sehat, maka tidak diizinkan berangkat. 

Infografis Okezone

"Di PT KAI bahkan sudah ada SOP (Standar Operasional Prosedur) sejak awal di stasiunnya, terkait deteksi dini penumpang yang hendak berangkat. Kalau dia terdeteksi kurang sehat, maka tidak diizinkan berangkat," ucapnya.

Baca juga: Anies Perpanjang Masa Tanggap Darurat Covid-19 di Jakarta hingga 19 April

Pemkot Malang sejauh ini belum menyiapkan lokasi karantina bagi para pemudik dari luar daerah. Hal ini sesuai dengan hasil rapat koordinasi lewat telekonferensi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pada Senin 30 Maret 2020.  

"Kita belum mengarah ke situ (menyiapkan lokasi karantina bagi pemudik), saat ini masih melakukan identifikasi kemungkinan-kemungkinan lokasi yang bisa dimanfaatkan (untuk tempat karantina pemudik), tapi sejauh ini belum mengambil ke arah sana," tukasnya. 

Kota Malang masuk sebagai salah satu zona merah corona, dari 19 kota dan kabupaten di Jawa Timur, berdasarkan data dari Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Jatim, hingga Selasa (1/4/2020) sore.

Terdapat 4 pasien positif corona di Kota Malang, 3 pasien positif sembuh dan telah dipulangkan, sedangkan satu lainnya masih menjalani perawatan di ruang isolasi RS Panti Waluya, Kota Malang.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini