Relawan Ramai-Ramai Bikin APD untuk Tenaga Medis

Taufik Budi, Okezone · Kamis 02 April 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 02 512 2192721 relawan-ramai-ramai-bikin-apd-untuk-tenaga-medis-nkkaXWl02k.jpg Alat pelindung diri (APD). (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

BLORA – Minimnya alat pelindung diri (APD) mengundang keprihatinan sejumlah pihak. Pasalnya, tenaga medis menjadi sangat rentan terpapar corona virus disease atau covid-19. Maka itu, masyarakat bergerak membuat APD agar bisa membantu para petugas medis.

Salah satunya dilakukan di UPTD Balai Latihan Kerja Dinperinaker Blora. Puluhan relawan terlibat dalam proses produksi ini.

"Kemarin begitu bahan datang, mulai dipotong. Ini mulai dijahit bersama-sama," kata Plt Kepala Dinperinaker Purwadi Setiyono, Rabu 1 April 2020.

"Untuk bahannya kita menerima dari Dinas Kesehatan, RSUD Blora, dan RSUD Cepu. Jadi tinggal menjahit. Menurut informasi bahan ini tidak ada di Blora, beli dari Surabaya dan Solo," tambahnya.

Dijelaskan, bahan APD yang dijahit ini berupa kain spunbond sebanyak 17 gulung. Setiap gulungnya sepanjang 100 meter.

"Ini yang jahit ada 27 orang. Kemudian yang bagian motong kain dan motong pola ada 8 orang. Sedangkan yang bikin ritsleting dan pernak-pernik lainnya ada 10 orang. Semuanya relawan yang sebelumnya pernah ikut pelatihan menjahit," ucap salah satu instruktur bernama Nurul Hidayati.

Ia mengatakan, kebutuhan APD sangat tinggi sehingga sulit didapat di pasaran. Oleh karena itu, memproduksi APD sendiri bisa menjadi solusi tanpa harus menunggu bantuan.

APD hasil produksi ini akan dikirim ke RSUD. Kemudian juga akan diberikan kepada paramedis puskesmas.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini