nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketahuan Bepergian Saat Lockdown, Pimpinan Petugas Medis Skotlandia Mengundurkan Diri

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 06 April 2020 17:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 06 18 2195012 ketahuan-bepergian-saat-lockdown-pimpinan-petugas-medis-skotlandia-mengundurkan-diri-HntZHqn7YE.jpg Catherine Calderwood. (Foto: WPA/Getty)

EDINBURGH – Pimpinan petugas medis Skotlandia telah mengundurkan diri setelah melakukan dua perjalanan ke rumah keduanya selama penguncian (lockdown) virus corona (COVID-19).

Catherine Calderwood telah meminta maaf atas tindakannya, dan awalnya mengatakan dia berencana untuk melanjutkan perannya sebagai pimpinan petugas medis. Dia bahkan mendapat dukungan dari Menteri Pertama Nicola Sturgeon, yang mengatakan bahwa meski melakukan kesalahan Calderwood harus tetap mempertahankan jabatannya.

Namun, pada Minggu (5/4/2020) Dr. Calderwood merilis pernyataan mengatakan bahwa dia telah berhenti.

Dia mengatakan keputusan itu diambil setelah dia berbicara lagi dengan Sturgeon dan setuju bahwa "fokus yang dapat dibenarkan" dari tindakannya melanggar aturan lockdown berisiko mengalihkan perhatian dari respons pandemi.

"Menteri pertama dan saya telah melakukan pembicaraan lebih lanjut malam ini dan kami telah sepakat bahwa fokus yang dapat dibenarkan pada risiko perilaku saya menjadi gangguan dari pekerjaan yang sangat penting yang harus dilakukan pemerintah dan profesi medis dalam mendapatkan negara melalui pandemi virus corona ini,” kata Calderwood sebagaimana dilansir BBC, Senin (6/4/2020).

"Setelah bekerja keras pada respons pemerintah, itu adalah hal terakhir yang saya inginkan."

Calderwood sebelumnya telah diberi peringatan polisi karena melanggar aturan lockdown setelah Scottish Sun menerbitkan foto-foto yang diambil pada Sabtu (4/4/2020), memperlihatkan dia dan keluarganya mengunjungi Earlsferry di Fife, lebih dari satu jam perjalanan dari rumah keluarga utamanya di Edinburgh.

Dia kemudian mengakui saat konferensi pers di televisi bahwa dia juga telah melakukan kunjungan lagi ke properti di Fife akhir pekan lalu bersama suaminya.

Sebagai pimpinan petugas medis, Calderwood telah memasang iklan di TV dan radio, mendesak masyarakat untuk tinggal di rumah untuk menyelamatkan nyawa dan melindungi NHS (dinas kesehatan Inggris) selama wabah virus corona. Dia juga ambil bagian dalam briefing media televisi harian bersama Sturgeon.

Pada Minggu, dia menyampaikan permintaan maaf dan mengatakan dia tidak ingin "kesalahannya" mengalihkan perhatian dari panduan tentang jarak sosial.

Setelah itu Sturgeon mengumumkan bahwa Dr Calderwood tidak akan lagi ambil bagian dalam pengarahan rutin dan tidak akan lagi menjadi wajah kampanye informasi publik virus corona. Meski begitu dia mengatakan Dr Calderwood akan terus menawarkan saran ilmiah dan medis kepada pemerintah Skotlandia tentang penyebaran virus tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini