Kriminalitas Berpotensi Meningkat, Wawali DIY Minta Masyarakat Aktifkan Ronda

Agregasi Harian Jogja, · Selasa 28 April 2020 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 510 2206201 kriminalitas-berpotensi-meningkat-wawali-diy-minta-masyarakat-aktifkan-ronda-LzhtLlAlkp.JPG Wakil Wali Kota Yogyakarya, Heroe Poerwadi (Foto: Harian Jogja)

YOGYAKARTA - Di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19) Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan lingkungan sebagai bentuk antisipasi terhadap potensi meningkatnya tindak kriminalitas.

“Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) sudah diminta untuk mulai mengingatkan masyarakat agar meningkatkan keamanan di lingkungan karena potensi kasus kriminalitas meningkat,” kata Heroe, mengutip Harian Jogja, Selasa (28/4/2020).

Dia menjelaskan, potensi tindak kriminalitas lazimnya mengalami kenaikan menjelang tahun ajaran baru ditambah lagi kondisi pandemi Covid-19 saat ini berimbas pada kondisi ekonomi yang serba sulit.

“Potensi meningkatnya tindak kriminalitas di tengah pandemi seperti cukup tinggi, dan terlihat sudah meningkat,” timpalnya.

Oleh karenanya, dirinya mengimbau masyarakat agar senantiasa meningkatkan pengamanan di lingkungan masing-masing.

“Ronda bisa diaktifkan jika memang kondisinya memungkinkan yaitu dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19, jaga jarak,” tegas dia.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, Herou menyebut sudah ada beberapa kampung yang saat ini mengaktifkan kembali ronda malam. Namun begitu, dia optimistis masyarakat di kampung memiliki tingkat kewaspadaan yang sudah meningkat setelah pemerintah melakukan pembatasan terhadap berbagai kegiatan termasuk pemantauan terhadap pendatang.

“Misalnya menerapkan akses masuk satu pintu di lingkungan masing-masing dan memantau pendatang baru di lingkungannya. Sekarang, warga di wilayah sangat peka jika ada pendatang baru,” paparnya.

Sementara, Kasatpol PP Kota Yogyakarta, Agus Winarto mengklaim pihaknya tetap menggelar patroli secara rutin sebanyak empat kali sehari dengan jumlah personel yang tidak dikurangi.

Satpol PP yang diperbantukan di kecamatan juga diminta untuk mendukung kegiatan pemantauan terhadap pendatang dan keamanan serta ketertiban di wilayah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini