28 Tenaga Medis RS Muhammadiyah Palembang Positif Covid-19

Era Neizma Wedya, iNews · Sabtu 16 Mei 2020 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 16 610 2214910 28-tenaga-medis-rs-muhammadiyah-palembang-positif-covid-19-lbbwIOmJ3z.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PALEMBANG - Sebayak 28 tenaga medis di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang dinyatakan positif terjangkit virus corona. Mereka terjangkit virus ini setelah melakukan perawatan terhadap seorang pasien Covid-19.

Hal itu dibenarkan oleh Direktur RS Muhammadiyah Palembang, Pangestu Widodo. Menurutnya, puluhan tenaga medis itu tepapar setelah adanya seorang pasien positif Covid-19 yang dirawat pada 17 April 2020. 

"Benar, ada 28 tenaga medis kami yang terkonfirmasi terpapar COVID-29," katanya, Jumat (15/5/2020).

Dijelasakan Pangestu, hal itu diketahui setelah manajemen memutuskan untuk melakukan rapid test kepada 29 tenaga medis yang diduga menjalin kontak langsung dengan pasien yang bersangkutan pada 20 Aril 2020..

Baca juga: Siswa di Pelosok Harus Naik Gunung demi Sinyal untuk Belajar Online

"Hasil rapid test menunjukkan hasil negatif, namun kemudian dilanjutkan pada pemeriksaan swab test atau PCR pada 5 Mei," katanya.

Kemudian sampel yang dikirimkan ke laboratorium Balai Besar Laborium Kesehatan (BBLK) Palembang keluar pada 12 Mei, di mana hasilnya dari 29 sampel yang dikirim 28 di antaranya dinyatakan positif Covid-19.

"28 orang itu terdiri dari 23 tenaga kesehatan dan 5 dokter yang melakukan praktik di RS Muhammadiyah Palembang," katanya. 

Akan tetapi, kata Pangestu, sebelum hasil swab test keluar, sejumlah tenaga medis itu telah melakukan isolasi secara mandiri di rumah, karena mereka statusnya masuk dalam orang tanpa gejala (OTG).

Selain itu, manajemen telah mengambil tindakan dengan meningkatkan  SOP pencegahan Covid-19 dan melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan RS Muhammadiyah secara berkala. Kemudian juga membagikan APD kepada seluruh tenaga medis.  

“Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan agar tidak perlu khawatir untuk berobat ke rumah sakit Muhammadiyah Palembang,” katanya. 

(qlh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini