Humas Unair: 6 Tenaga Medis RSUA Tertular Covid-19, Bukan 60

Syaiful Islam, Okezone · Rabu 27 Mei 2020 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 519 2220167 humas-unair-6-tenaga-medis-rsua-tertular-covid-19-bukan-60-7hniiher8q.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SURABAYA - Sebanyak 6 tenaga medis di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya, Jatim terpapar covid-19 atau virus corona. Mereka tertular dari pasien covid-19 yang ditangani selama ini di rumah sakit.

Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair, Suko Widodo. Sekaligus, dia membantah kabar 60 tenaga medis di rumah sakitnya tertular Covid-19.

Dia menyebutkan, sebagian besar yang tertular adalah perawat. "Dokter ada juga yang kena. Bukan 60 orang, kok banyak. Yang benar hanya 6 tenaga medis (yang terpapar virus corona)," kata Suko Widodo pada wartawan saat dikonfirmasi, Rabu (27/5/2020).

Menurut Suko, pihaknya menegaskan tidak ada penutupan dalam layanan kesehatan bagi masyarakat. Namun RSUA melakukan penataan internal untuk penyesuaian kebutuhan supaya kualitas layanan tetap terjaga.

Baca juga: Tenaga Kesehatan Terpapar Covid-19, RS Unair Tetap ...

"Kami ingin pasien covid-19 yang menjalani perawatan terlayani dengan baik. Untuk sementara waktu, ITD (Institute Tropical Disease (ITD) hanya menerima sampel dari RSUA karena ada nakes yang terinfeksi Covid-19," papar Suko Widodo.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Ia menambahkan, hal tersebut dilakukan karena ITD perlu penataan internal. Selain itu, untuk menjaga kualitas layanan. Penataan internal tersebut termasuk melakukan tes swab terhadap semua tenaga kesehatan.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa RS Unair mulai hari ini tutup untuk 2 minggu ke depan. Hal itu gara-gara sebanyak 60 orang tenaga medis terpapar Covid-19. Belakangan diketahui kabar tersebut tidak benar.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini