Sempat Koma 32 Hari, Bayi Usia 5 Bulan di Brasil Berhasil Pulih dari Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 02 Juni 2020 17:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 18 2223420 sempat-koma-32-hari-bayi-usia-5-bulan-di-brasil-berhasil-pulih-dari-covid-19-fawiK7zOaD.jpg Dom bangun dan pulih dari Covid-19 setelah 32 hari koma. (Foto: CNN)

SAO PAULO - Setelah menghabiskan lebih dari sebulan dalam keadaan koma karena Covid-19, seorang bayi berusia 5 bulan di Brasil akan diizinkan pulang setelah berhasil pulih dari penyakit yang disebabkan virus corona itu.

Beberapa bulan setelah ia dilahirkan, Dom didiagnosis dengan Covid-19 di rumah sakit Pro-Cardiaco di Rio de Janeiro.

Ayah Dom, Wagner Andrade mengatakan kepada CNN bahwa putranya menghabiskan 54 hari di rumah sakit, 32 hari di antaranya dalam keadaan koma dan terhubung ke ventilator, kata ayah Dom, Wagner Andrade, kepada CNN.

"Dia mengalami kesulitan bernafas sehingga dokter mengira itu adalah infeksi bakteri," katanya.

"Tapi obatnya tidak bekerja dan dia semakin parah. Lalu saya dan istri saya memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit kedua dan mereka mengujinya. Itu adalah virus corona."

Masih belum jelas bagaimana Dom terinfeksi virus corona. Andrade menduga Dom mungkin telah terpapar selama kunjungan ke rumah kerabat.

"Istri saya memperhatikan suara ini di akhir napasnya," katanya. "Kami memanggil beberapa dokter dan salah satu dari mereka memberi tahu kami untuk merekam video. Setelah dia melihatnya, dia memerintahkan kami untuk membawanya segera ke rumah sakit."

Andrade dan istrinya, Viviane Monteiro, mengatakan bahwa pulihnya Dom adalah sebuah “keajaiban”.

"Pertama, saya merasa lega, dan kemudian kebahagiaan yang tak terlukiskan," kata Andrade. "Kami ingin sekali membawanya pulang lebih dari 50 hari."

Dom akan mencapai usia 6 bulan pada 14 Juni, yang akan dirayakan di rumah bersama orang tuanya, dikelilingi oleh kerabat-kerabatnya.

Menurut data kementerian kesehatan, Brasil telah melaporkan sedikitnya 25 kematian terkait-Covid-19 di antara bayi hingga usia 12 bulan.

Dalam sepekan terakhir, kawasan Amerika Latin telah menjadi pusat pandemi global, dan Brasil menjadi negara dengan jumlah kasus tertinggi. Data Universitas Johns Hopkins mencatat negara itu memiliki lebih dari 520.000 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dengan sekira 30.000 kematian.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini