Berkah Melimpah Usai Gelombang Tinggi Mereda

Kuntadi, Koran SI · Rabu 03 Juni 2020 09:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 03 510 2223679 berkah-melimpah-usai-gelombang-tinggi-mereda-x7ViHG5nzW.jpg ilustrasi (Okezone)

BANTUL – Sejumlah nelayan di pesisir selatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menikmati masa panen ikan, menyusul mulai meredanya gelombang tinggi di perairan wilayah itu. Sekali melaut mereka mendapatkan tangkapan udang jerbung yang cukup banyak.

“Ini masa panen udang jerbung, hasilnya lumayan,” ujar seorang nelayan Pantai Depok, Nakidi, Bantul, Selasa (2/6/2020).

Sekali melaut, kata Nakidi udang yang didapat minimal 10 kilogram. Saat nasib baik, bahkan bisa membawa pulang hingga 50 kilogram. Sedangkan harganya udang ini berkisar antara Rp100.000 hingga Rp200.000 setiap kilogramnya.

“Minimal bisa untuk menutup utang beberapa kemarin tidak melaut,” ujarnya.

Diakuinya, kondisi gelombang masih terbilang cukup tinggi dibanding kondisi normal. Namun nelayan nekat masuk ke laut karena terbentur kebutuhan. Untuk masuk mereka harus bersabar dan menunggu gelombang kecil. Udang jerbung yang ditangkap ukurannya sebesar ibu jari orang dewasa.

“Sebelum lebaran sudah mulai panen, tetapi terkendala gelombang besar. Sekarang kita masuk lagi,” katanya.

Sementara itu, menjelang new normal geliat kuliner di Pantai Baru dan hingga Pantai Depok mulai terasa. Sejumlah warung yang menyediakan menu ikan laut kembali buka. Sebelumnya seluruh warung yang ada tutup, semenjak masa pandemi Covid-19.

“Kunjungan wisata mulai ada, mudah-mudahan Covid-19 segera berakhir,” ujar Dardi Nugroho, salah seorang pengelola warung.

Para pengusaha kuliner berharap, new normal mampu mengembalikan kondisi ekonomi warga. Selama pandemi Covid-19, mereka menganggur karena usaha yang ada tutup. Banyak yang beralih menjadi nelayan, namun terbentur gelombang tinggi.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini