Gempa 5,5 Magnitudo Landa California, Guncangan Dirasakan Ratusan Kilometer

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 04 Juni 2020 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 04 18 2224282 gempa-5-5-magnitudo-landa-california-guncangan-dirasakan-ratusan-kilometer-9kLFrQyMVt.jpg Ilustrasi.

LOS ANGELES - Gempa kuat 5,5 Magnitudo telah mengguncang California selatan, sekira 189 km sebelah timur laut Los Angeles, dengan penduduk melaporkan getaran hingga ratusan kilometer jauhnya.

Guncangan itu terasa di Ridgecrest, kota di sekitar lembah Searless pada Rabu malam (3/6/2020). Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan pusat gempa di kedalaman 6,9 kilometer.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan atau cedera, demikian diwartakan RT, Kamis (4/6/2020).

Warganet mengatakan goncangan dapat dirasakan sejauh Culver City, daerah pinggiran Los Angeles yang terletak beberapa ratus kilometer sebelah selatan dari pusat gempa.

Gempa itu terjadi di saat pandemi virus corona tengah melanda Amerika Serikat (AS), bersamaan dengan demonstrasi dan kerusuhan yang berlangsung di banyak kota di Negeri Paman Sam, termasuk Los Angeles.

Menurut seismolog lokal, gempa tersebut merupakan gempa susulan "besar, terlambat" dari gempa berkekuatan 7,1 yang melanda daerah yang sama musim panas lalu, yang terus menghasilkan goncangan kecil sejak itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini