Catat! Warga Surabaya yang Tak Pakai Masker Dipantau Lewat CCTV

Syaiful Islam, Okezone · Minggu 28 Juni 2020 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 519 2237777 catat-warga-surabaya-yang-tak-pakai-masker-dipantau-lewat-cctv-eLIDulj3a8.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

SURABAYA - Berbagai upaya dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Jawa Timur (Jatim) dalam memutus mata rantai penularan virus corona. Salah satu caranya adalah menggunakan CCTV untuk memantau warga yang tidak memakai masker.

Setelah terekam CCTV, maka akan terkirim notifikasi ke data base. Selanjutnya Satpol PP yang akan menindaklanjuti untuk menegur warga supaya memakai masker.

Di samping warga yang tak pakai masker, CCTV tersebut juga memantau warga yang tidak menjaga jarak. Sebab bila di keramaian tanpa memperhatikan physical distancing, maka itu rawan terjadi penularan Covid-19.

"Kami akan memanfaatkan ribuan CCTV yang ada untuk mendeteksi pelanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker, dan yang tidak menjaga jarak," terang Koordinator Protokol Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, M Fikser, Minggu (28/6/2020).

Lebih lanjut, petugas Command Center 112 juga akan memonitor CCTV. Setelah itu menyampaikan data pelanggar kepada Satpol PP agar dapat langsung ditindaklanjuti. Ribuan CCTV itu sendiri tersebar di berbagai tempat seperti taman, ruas jalan dan ruang publik.

Baca Juga: 10 Provinsi Penyumbang Terbanyak Kasus Baru Positif Covid-19, Jatim "Juara"

Pemantauan dengan CCTV ini memungkinkan delay waktu. Sehingga sangat mungkin ketika Satpol PP ke lokasi, para pelanggar sudah pergi atau tidak lagi di tempat.

"Karena CCTV ini memang untuk deteksi dini. Minimal kami sudah tahu kawasan mana yang sering ada pelanggaran dan kerumunan massa, sehingga ke depan kami bisa tempatkan Linmas atau Satpol PP di lokasi untuk penegakan," tukas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Surabaya ini.

(abp)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini