Biaya Perawatan Pasien Covid-19 Ada yang Sampai Rp500 Juta

Muhammad Rosyadi, Okezone · Selasa 30 Juni 2020 03:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 340 2238533 biaya-perawatan-pasien-covid-19-ada-yang-sampai-rp500-juta-7wOls7AGaA.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

SERANG - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Banten, dr Ati Pramudji Hastuti mengungkapkan penyebab mahalnya biaya perawatan pasien positif virus corona. Bahkan, ada beberapa pasien menghabiskan biaya perawatan hingga Rp500 juta.

"Mereka itu (pasien) dirawat di ruang isolasi dalam penanganan covid-19 yang perlu perhatian khusus. Apalagi mereka-mereka yang bukan hanya di ruang isolasi, tapi perlu juga ruang ICU," kata Ati kepada wartawan. Senin (29/6/2020).

Dijelaskan Ati, besarnya biaya perawatan perhari pasien Covid-19 yang harus ditanggung pemerintah bervariasi, tergantung penanganan pasien. Termahal, pasien yang dirawat di ruang ICU dengan bertekanan negatif dan dilengkapi ventilator.

"Itu berbeda beda biaya perharinya, klaimnya bisa mencapai Rp200 juta. Yang termahal ICU, bertekanan negatif dan tentunya berventilator itu termahal per harinya," ujarnya.

Meski mahal, Kemenkes RI tetap akan menanggung biaya perawatan para pasien Covid. Dengan cara rumah sakit dipersilakan untuk mengklaim seluruh biaya yang dikeluarkan. "Semua rumah sakit yang menangani pasien covid bisa mengklaim ke Kemenkes," tegas Ati.

Baca Juga : Angka Kesembuhan Virus Corona di Papua Capai 52 Persen

Ati yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Banten itu menambahkan, lamanya pasien Covid19 dirawat di rumah sakit tergantung kondisi pasien. Tercepat dua minggu sudah sembuh, dan terlama ada yang satu bulan.

"Lamanya itu karena kita ingin memastikan pasien tersebut benar-benar negatif dan sembuh. Sehingga tidak menularkan kepada orang lain," tegasnya.

Lamanya perawatan pasien Covid19 berdampak kepada biaya perawatan hingga Rp500 per pasien hingga dinyatakan sembuh. "Ada yang sampai Rp500 juta, beberapa tapi lumayan banyak juga," tutupnya.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini