Kisah Pilu Pasien Covid-19 Sembuh Ditolak Keluarga dan Masyarakat

Andhy Eba, iNews · Kamis 16 Juli 2020 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 340 2247246 kisah-pilu-pasien-covid-19-sembuh-ditolak-keluarga-dan-masyarakat-d0aOMB1pRX.jpg Pasien Covid-19 yang sudah sembuh tinggal di bekas kantor BPBD/Foto: Andhy Eba-iNews

BAUBAU - Terbebas atau sembuh dari satu penyakit berbahaya tentu menjadi kebahagian bagi pasien dan keluarganya. Sayang, anggapan itu tidak berlaku bagi Waode Marni, setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Waode, asal Kota Bauabu, Sulawesi Tenggara diizinkan pulang oleh tim dokter. Sayangnya, stigma negatif terkait Covid-19 memicu penolakan dari keluarga dan warga sekitar tempat tinggalnya.

Kepastian terbebas dari virus Covid-19, ternyata tidak langsung menghilangkan penderitaannya. Kini, Waode harus tinggal di bekas gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau. Waode ditolak keluarga pulang ke kampung halaman.

Kondisi semakin memilukan karena sejumlah tempat kos yang ada di kota Baubau juga tidak menerima. Alasannya, stigma pasien Covid-19 masih melekat di diri Waode.

Wa Ode

"Kakak saya bilang, jangan kembali ke rumah. Nanti ditolak masyarakat. Saya bilang, ya sudahlah. Ke kampung suami juga tidak menerima karena saya mantan pasien Covid-19," kata Waode, Kamis (16/7/2020).

Saat mencari tempat tinggal, dirinya berkali-kali ditolak pemilik tempat kos. "Saya juga ditolah rumah kos. Mereka beralasan takut tertular," paparnya.

Mengetahui kondisi Waode yang memprihatinkan, Gugus Tugas Covid-19 akhirnya mencarikan solusi tempat tinggal. Waode dan keluarga akhirnya diizinkan tinggal di bekas kantor BPBD.

Wa Ode 1

Waode dinyatakan positif Covid-19 usai melahirkan di rumah sakit. Saat ini, ia tinggal bersama suami dan tiga orang anaknya, serta dua anak angkatnya.

Stigma negatif juga dirasakan suami Waode, La Ode Zainuddin. Dirinya yang berprofesi sebagai tukang ojek harus kehilangan pelanggan. Orang-orang lebih memilih menjauh karena takut terlular Covid-19.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini