Ada Pedagang Positif Covid-19, Pasar Bantengan di Bantul Ditutup

Kuntadi, Koran SI · Kamis 16 Juli 2020 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 510 2247654 ada-pedagang-positif-covid-19-pasar-bantengan-di-bantul-ditutup-BJV2KGKZum.jpg Ilustrasi

BANTUL – Seorang pedagang di Pasar Desa Bantengan, yang ada di Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, DIY positif Covid-19. Untuk memutus mata rantai penyebaran, pasar ini ditutup selama tiga hari sampai Sabtu (18/7/2020).

“Hasil tes swab kemarin psoitif Covid-19 dan pedagang itu sudah dirujuk ke rumah sakit,” kata Camat Banguntapan, Fauzan Mu’arifin, Kamis (16/7/2020).

Penutupan ini dilakukan untuk proses sterilisasi pasar. Selama ditutup, pasar disemprot dengan disinfektan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantul. Sedangkan pedagang yang terinfeksi virus corona, seorang perempuan (45) dirawat di RS Lapangan Khusus Covid-19 di Bambanglipuro, Bantul.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja mengatakan, dinas telah melakukan tracking terhadap orang yang melakukan kontak erat dengan pedagang tersebut. Mereka wajib menjalani rapid test, dan jika hasilnya reaktif akan ditindaklanjuti dengan tes swab.

Saat ini di RS Lapangan Khusus Covid-19, ada sekitar 30 pasien yang dirawat. Kapasitas tempat tidur masih mencukupi. Apalagi tingkat kesembuhan pasien cukup tinggi.

“Kesembuhan pasien juga terus bertambah dan ketersedian tempat tidur masih mencukupi,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Sukrisna Dwi Susanta mengatakan Pasar Bantengan di bawah pengelolaan Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKPMD) Bantul. Dinas Perdagangan pernah menutup sementara Pasar Sungapan dan Pasar Sorobayan.

“Ada tiga pasar yang sempat ditutup, tetapi yang Pasar Bantengan bukan kewenangan kita,” tuturnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini