Kemunculan Awan Bak Tsunami di Meulaboh, Ini Imbauan BMKG

Windy Phagta, Okezone · Senin 10 Agustus 2020 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 340 2259768 kemunculan-awan-bak-tsunami-di-meulaboh-ini-imbauan-bmkg-C6nEiJnlxB.jpg Penampakan awan Arcus di Aceh (foto: istimewa)

BANDA ACEH - Langit Aceh dilanda fenomena aneh dan langka, tepatnya di kawasan sekitaran Nagan Raya, Aceh Barat Daya dan Meulaboh, dimana terjadi fenomena awan menggelantung seperti ombak raksasa, Senin (10/8/2020) pagi.

Fenomena aneh dan langka tersebut sempat direkam oleh beberapa warga dan menghebohkan dunia maya.

"Di langit ada awan berkumpul kayak gelombang, enggak lama, terus hujan, saat ini kondisi Kota Meulaboh mendung dan berangin," kata Nadia warga Meulaboh kepada Okezone.

 Baca juga: Kota Meulaboh Aceh Dihebohkan Penampakan Awan Bak Tsunami 

Sementara itu, Kepala Seksi Data Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara SIM Blangbintang, Aceh Besar, Zakaria Ahmad mengatakan, pihaknya masih mengkaji fenomena tersebut.

"Fenomena ini jarang terjadi, kami masih mengkajinya,” kata Zakaria.

 Awan di aceh

Namun, secara ilmiah awan tersebut dinamakan dengan awan arcus.

"Awan yang berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami," tambahnya.

Awan ini merupakan bagian dari awan CB (Cumulonimbus). Dan awan ini merupakan awan rendah dan biasanya berada pada satu level (single level).

Lebih lanjut Zakaria menjelaskan, awan ini juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat, bisa juga terjadi kilat, petir, angin putingbeliung atau hujan es. Dan awan ini biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas sehingga tidak dapat dipantau oleh satelit.

"Imbauan bila terlihat awan itu agar cepat-cepat mencari perlindungan, jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini