5 Napi Lapas Mojokerto Positif Virus Corona

Tritus Julan, Koran SI · Senin 24 Agustus 2020 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 519 2266783 5-napi-lapas-mojokerto-positif-virus-corona-4Yg1VkVIwo.jpg Lapas Klas II Mojokerto (Foto : Sindonews.com/Tritus)

MOJOKERTO - Sebanyak lima narapidana atau napi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIB Mojokerto positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Saat ini, mereka tengah menjalani isolasi di ruangan khusus di dalam lapas.

Kepala Lapas Kelas IIB Mojokerto Wahyu Susetyo mengatakan, kelima narapidana yang terkonfirmasi positif merupakan warga binaan dalam Kasus penipuan dan narkoba. Mereka, diketahui terjangkit virus corona setelah hasi swab tes keluar pada Sabtu 22 Agustus 2020.

"Setelah dilakukan rapid test, hasilnya reaktif. Dari itu kemudian di swab dan positif Covid-19. Dari lima orang tersebut, satu orang warga binaan dalam kasus penipuan," kata Wahyu saat ditemui di kantornya, Senin (24/8/2020).

Saat ini, kelima warga binaan yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu telah menjalani isolasi di ruangan khusus. Ruang isolasi itu tersebut memang sudah disiapkan pihak Lapas. Hal ini, guna mencegah adanya penularan COVID-19 ke penghuni Lapas Klas IIB Mojokerto.

"Kita tempatkan di ruagan khusus, jadi satu ruagan ini diisi lima orang positif. Ruangan itu sebelumnya digunakan untuk ruang isolasi bagi napi yang melakukan pelanggaran," imbuhnya.

Baca Juga : Rekor! Pasien Sembuh Covid-19 Capai 3.560 Orang Hari Ini

Baca Juga : Vonis Wahyu Setiawan Lebih Rendah dari Tuntutan, KPK Pertimbangkan Upaya Banding

Pihak Lapas Klas IIB Mojokerto juga tengah melakukan kordinasi dengan Pemkot Mojokerto dan juga Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Rencananya, sebanyak 45 orang warga binaan bakal dilakukan rapid test. Lantaran diketahui pernah memiliki kontak erat dengan lima warga binaan yang kini positif virus corona.

"Dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di dalam Lapas, kami juga meniadakan jam besuk keluarga terhadap narapidana, sejak pandemi itu. Sebagai gantinya bisa dengan titipan," jelas Wahyu.

Saat ini, Lapas Kelas IIB Mojokerto tengah dihuni sebanyak 642 warga binaan. Jumlah itu, dinilai melebihi kapasitas maksimum atau overload. Lantaran jumlah penghuni dua kali lipat lebih banyak dari kapasitas Lapas Kelas IIB Mojokerto. "Sebenarnya Lapas disini hanya diisi 344 warga binaan. Sekarang 642 otomatis overload 100%," tandas Wahyu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini