Balada Murid SD di Daerah Blank Spot Pedalaman Bengkulu (1)

Demon Fajri, Okezone · Rabu 23 September 2020 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 340 2282309 balada-murid-sd-di-daerah-blank-spot-pedalaman-bengkulu-1-J85OPSK0dP.jpg Bocah SD di Desa Sebelat Ulu, pedalaman Bengkulu, masih belum bisa mengakses internet. Foto: Demon Fajri

BENGKULU - Sebelat Ulu merupakan salah satu desa terpencil di Provinsi Bengkulu. Daerah ini berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS). Kampung itu satu dari 8 desa di Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong.

Desa yang dihuni 98 Kepala Keluarga (KK) itu belum tersentuh akses telekomunikasi atau masih blank spot. Tak jarang masyarakat di daerah tersebut tertinggal informasi dunia luar, dan itu turut dirasakan murid sekolah dasar.

Daerah yang berjarak sekira 36 kilometer (KM) dari pusat kota Pemerintah Kabupaten Lebong itu masih membutuhkan sentuhan pemerintah. Baik pemerintah daerah kabupaten, provinsi, maupun pusat.

Bagaimana tidak? Di desa yang dihuni 380 jiwa itu juga belum memiliki fasilitas sarana kesehatan berupa puskesmas, sarana pendidikan SMP dan SMA. Desa yang dipimpin Ahmad Buchari tersebut baru memiliki satu unit sarana pendidikan berupa Sekolah Dasar (SD).

SD Negeri 06 Lebong, namanya. Di sana terdapat 42 murid dan 5 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 4 orang honorer. Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini mereka pun tidak bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau virtual karena masih blank spot.

Siang itu, Selasa 22 September 2020 cuaca di Kabupaten Lebong cerah berawan. Gumpalan awan putih menghiasi langit, termasuk di Desa Sebelat Ulu, Kecamatan Pinang Belapis.

Cuaca cerah itu dimanfaatkan masyarakat setempat untuk tetap beraktivitas ke areal perkebunan dan pertanian. Sebagian masyarakat pun juga tengah berisirahat di depan rumah.

 

Ketika memasuki desa yang dikelilingi perbukitan ini, setiap pendatang akan disambut dengan plang Selamat Datang di Desa Sebelat Ulu. Plang itu berada di gerbang masuk desa.

Baca Juga:  Video Guru di Pedalaman Pakaikan Muridnya Seragam dan Sepatu Baru Viral

Namun ketika masuk ke daeran ini, pendatang harus bersiap untuk terputus dengan dunia luar. Ya karena itu tadi, desanya masih blank spot.

Tidak hanya kalangan remaja, dewasa, orangtua, anak-anak pun terputus komunikasi. Padahal anak didik itu butuh internet atau saluran tekefon untuk menjalankan sekolah online.

''Di sini (Desa Sebelat Ulu) tidak ada signal. Daerah ini blank spot. Beginilah balada murid sekolah dasar yang tinggal di daerah blank spot perbatasan TNKS,'' kata Kepala Sekolah SDN 06 Lebong, Sumarwan, saat ditemui Okezone di sana pada Selasa 22 September 2020.

''Murid SD Negeri 06 Lebong ini memiliki 42 murid, dari kelas I sampai kelas VI,'' sambung Sumarwan.

Baca Juga: Viral Anggota Babinsa Jadi Guru Keliling Suku Anak Dalam

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini