Ibu Baru Melahirkan Positif Covid-19, Warga Hadang Ambulans yang Datang Menjemput

Hana Purwadi, iNews · Selasa 29 September 2020 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 519 2285705 ibu-baru-melahirkan-positif-covid-19-warga-hadang-ambulans-yang-datang-menjemput-zzO6T70aFq.JPG Koordinator Gakkum Petugas Satgas Covid-19 Probolinggo, Ugas Irwanto. Foto: Hana

PROBOLINGGO - Puluhan warga Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo sempat menghadang ambulans yang datang menjemput ibu yang baru melahirkan yaitu berinisial AM (35).

Ia dijemput untuk dilakukan krantina karena yang bersangkutan positif virus corona (Covid-19) berdasarkan hasil swab test.

Video aksi penolakan itu sempat viral di beberapa media sosial ini. Dalam rekaman tersebut terlihat penghadangan petugas sempat mengakibatkan lalu lintas Prolinggo – Situbondo macet.

Koordinator Gakkum Satgas Covid 19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto menuturkan peristiwa tersebut terjadi pada Senin (28/9/2020) sore.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, petugas memilih tidak memaksakan penjemputan.

“ Secara persuasif terus kita berikan pemahaman karena sesuai protokol kesehatan, dan harus dilakukan karena ibu yang baru melahirkan hasil swabnya positif dan harus dilakukan karantina,” ucap Ugas.

“Alhamdulillah Kini sudah paham dan bersedia dilakukan karantina, dan mereka minta bersama bayi yang baru dilahirkan,” tambahnya.

Sebelumnya AM hamil tua dan saat dilakukan rapid hasilnya reaktif Covid-19 sehingga harus swab test.

Baca Juga: Viral! Mobil Oknum PNS Diduga Halangi Ambulans di Bogor, Netizen: Botak Kepalanya

Sambil menunggu hasil swab test keluar, AM dikarantina 6 hari di layanan kesehatan. Kemudian usai melahirkan, ternyata hasil swab test-nya positif.

Sehari setelah AM melahirkan ia ternyata pulang sehingga terpaksa sesuai protokol Covid 19. Penghadangan loleh warga sempat terjadi, namun kini pasien sudah berhasil dikarantina.

Baca Juga: Viral Oknum PNS Halangi Ambulans di Bogor, Ini Identitasnya 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini