Tips Menjadi Wisatawan Berwawasan Lingkungan

Yaomi Suhayatmi, · Rabu 30 September 2020 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 1 2286000 tips-menjadi-wisatawan-berwawasan-lingkungan-x9H39myw5E.jpg Foto : Dok.Okezone

Kesadaran masyarakat soal gaya hidup yang berwawasan lingkungan kini semakin tinggi. Tak hanya memungkinkan untuk dijalani dalam rutinitas sehari-hari, gaya hidup ini juga mulai diterapkan ketika berwisata #DiIndonesiaAja. Ekowisata atau kegiatan pariwisata berwawasan lingkungan makin diminati para wisatawan. Pasalnya, ekowisata mengusung prinsip ramah lingkungan dan keanekaragaman hayati, serta melibatkan pemberdayaan masyarakat setempat.

Jurang Tembelan Dlingo, Yogyakarta (Okezone)

Alam Indonesia yang memiliki potensi wisata alam, flora dan fauna, serta lingkungan yang masih asli harus terus dijaga dari pencemaran. Pandemi yang masih terjadi hingga saat ini menjadi momen untuk menerapkan gaya hidup yang lebih bertanggungjawab dan berkelanjutan, termasuk dalam berwisata. Ini bukan gagasan besar yang sulit diwujudkan, kok. Bahkan, kita pun bisa menunjukkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan (ecotourism) dengan cara yang tetap asyik.

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah (Okezone)

Misalnya, kamu yang berencana berwisata dapat mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP). Terletak di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, TNTP menjadi tempat konservasi pertama untuk melindungi orang utan. Jika kamu adalah penjelajah sejati yang senang dengan kegiatan alam, TNTP patut kamu tilik keindahannya. Selama berwisata kamu juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan.

Wisatawan yang bertanggung jawab memiliki kesadaran terhadap lingkungan dan sosial ketika berwisata dan berupaya memberikan dampak positif serta menjaga kearifan lokal. Berikut tips menjadi wisatawan yang berwawasan lingkungan :

Mematuhi peraturan di lokasi wisata

Peraturan yang dibuat pada suatu lokasi wisata bertujuan untuk memberikan kenyamanan serta keamanan bagi para wisatawan. Selain itu, peraturan juga dibuat bertujuan untuk melindungi kelestarian lokasi wisata, seperti candi, situs-situs purbakala, museum, dan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi wisatawan untuk mengikuti peraturan yang ada.

Berinteraksi dengan masyarakat

Selama berada di tempat wisata, jangan malu berinteraksi dengan masyarakat guna meneliti budaya dan kehidupan sehari-hari itu. Hal itu bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan saat mengunjungi lokasi wisata. Memilih tinggal di homestay akan lebih baik karena berbagi pendapatan dengan masyarakat. Jika menginap di hotel, pilih layanan akomodasi yang menerapkan program ramah lingkungan.

Mengurangi timbulan sampah plastik dengan membawa kantong belanja pribadi.

Bukit Ngaluwen Sragen (Okezone)


Selain membawa bekal pribadi, upaya yang dapat dilakukan mengurangi produksi sampah adalah dengan tidak menggunakan kantong plastik ketika berbelanja dan menggantinya dengan kantong belanja pribadi yang dapat digunakan berulang kali.

Membawa perlengkapan pribadi

Perlengkapan lain yang perlu dipersiapkan saat berwisata adalah peralatan mandi, serta perlengkapan pribadi lainnya. Pengurangan menggunakan sabun dan sampo sachet, sendok garpu plastik, sedotan plastik, tisu basah serta penggunakaan pembalut kain atau reusable menstrual cups merupakan salah satu langkah untuk mengurangi produksi sampah plastik saat berwisata.

Menjaga kebersihan

Selalu jaga kejernihan di lokasi wisata dan jangan ragu memunguti sampah yang kamu jumpai. Untuk mengurangi sampah plastik dan menjaga kebersihan dan kesehatan, kamu sebaiknya membawa perlengkapan makan dan minuman (tumbler) dari rumah. Untuk mengurangi barang bawaan yang berpotensi menjelma sampah, saat berbelanja di lokasi wisata, gunakan tas ramah lingkungan yang bisa digunakan secara berulang.

Demikian tips untuk dapat menjadi wisatawan bijak dan ramah lingkungan. Hal-hal sederhana yang kamu lakukan dengan penuh komitmen dapat menjadi kontribusi untuk menciptakan lingkungan yang lebih terjaga kelestariannya. Tetap patuhi protokol kesehatan selama berada di lokasi wisata, seperti memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan. Nah, bagi kamu yang masih bimbang memilih lokasi wisata yang akan dikunjungi, bisa mendapatkan berbagai referensi tempat wisata di sini.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini