405 Santri dan Pegawai Ponpes Husnul Khotimah Positif Corona, Rata-Rata OTG

Fathnur Rohman, Okezone · Rabu 07 Oktober 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 525 2289790 405-santri-dan-pegawai-ponpes-husnul-khotimah-positif-corona-rata-rata-otg-oCNSMxc7l2.jpg Ponpes Husnul Khotimah (Foto: Okezone/Fathnur)

KUNINGAN - Pondok Pesantren (Ponpes) Husnul Khotimah menjadi klaster penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Ratusan orang di ponpes ini sudah terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan, Indra Bayu menyampaikan, klaster tersebut merupakan salah satu penyumbang terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dari total 674 kasus Covid-19 hingga saat ini, sebanyak 405 kasus berasal dari Ponpes Husnul Khotimah.

"Betul, untuk sementara klaster Husnul Khotimah salah satu yang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kuningan," kata Indra saat ditemui Okezone, Rabu (7/10/2020).

Menurut Indra, dengan meningkatnya kasus Covid-19 yang cukup signifikan di Ponpes Husnul Khotimah, masyarakat sekitar tidak boleh memberikan stigma negatif terhadap ponpes tersebut.

Ia menilai kasus Covid-19 bukanlah aib. Sehingga persoalan ini harus disikapi secara bijak. "Tetapi ini juga harus diakui. Ini bukan aib. Kita harus sikapi dengan bijak," ujarnya.

Baca Juga: 100 Santri Ponpes Husnul Khotimah Dipulangkan Usai Tes Swab Covid-19

Indra menyebut, rata-rata yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Ponpes Husnul Khotimah terdiri dari santri, tenaga pengajar, dan pegawai. Mereka masuk kedalam kategori orang tanpa gejala dan bergejala.

Dia memastikan seluruh santri yang dinyatakan positif Covid-19, sedang menjalani karantina di tempat yang sudah disediakan oleh pihak Ponpes Husnul Khotimah.

"Untuk secara garis besar, mereka adalah orang tanpa gejala, ada juga yang perlu penanganan khusus," ucap dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ponpes Husnul Khotimah menjadi klaster baru penularan Covid-19 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Ratusan santri di ponpes ini sudah dinyatakan positif Covid-19. Mereka sempat mengalami gejala pilek, batuk, flu, dan demam.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini