Gubernur Jatim Khawatir Libur Panjang Jadi Penyebaran Corona di 2 Daerah

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 20 Oktober 2020 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 519 2296726 gubernur-jatim-khawatir-libur-panjang-jadi-penyebaran-corona-di-2-daerah-t8akaschDG.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

KOTA MALANG - Liburan panjang pada akhir Oktober 2020, menuai kekhawatiran akan terjadi penularan Covid-19 di Jawa Timur.

Wali Kota Malang, Sutiaji bahkan sempat menyebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sempat mewanti - wanti dua daerah di Jawa Timur yang memiliki destinasi wisata andalan.

Guna mengantisipasi adanya transmisi lokal dari wisatawan ke warga lokal Malang, pria asal Lamongan sebenarnya meminta kepada hotel - hotel untuk menyediakan makanan.

"Beberapa masuk hotel - hotel kalau bisa menyediakan makanan jadi orang tidak Keluar. Tapi yang menarik orang berkunjung ke kota malang ini kan karena kulinernya," kata Sutiaji ditemui di Gedung DPRD Kota Malang, Selasa (20/10/2020).

Baca juga:

Pemkot Malang Segera Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Kesembuhan Pasien Corona 87%, Wali Kota Malang Optimis Masuk Zona Kuning

Jenazah Pasien Covid-19 Disholatkan di Tengah Jalan, Begini Ceritanya

Namun, Sutiaji optimis selagi kedisiplinan masyarakat tetap diterapkan kepada seluruh wisatawan yang datang di Kota Malang. Maka kasus penularan Covid-19 bisa diminimalisir.

"Ketika disiplin (protokol kesehatan Covid-19) mau enggak mau akan menjadi efek domino ke kehidupan masyarakat, ada kenormalan baru, dan mulai masuk tinggal sekarang dipertahankan atau tidak itu tergantung teman-teman dan masyarakat," paparnya.

Saat ini sendiri, Kota Malang perlahan keluar dari zona merah penyebaran Covid-19 menuju zona oranye. Sutiaji menargetkan Kota Malang bisa menuju zona kuning.

Sebagai informasi di Kota Malang hingga Selasa sore 20 Oktober 2020 terdapat tambahan 9 pasien Covid-19. Total terdapat 1.946 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, 1.712 orang dinyatakan sembuh, 193 pasien meninggal dunia, dan 41 orang menjalani perawatan.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini