Media: Oman Akan Jadi Negara Berikutnya yang Jalin Hubungan dengan Israel

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 26 Oktober 2020 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 18 2299780 media-oman-akan-jadi-negara-berikutnya-yang-jalin-hubungan-dengan-israel-6vsYTY2F38.jpg Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu saat bertemu mendiang Sultan Oman Qaboos bin Saeed pada 2018. (Foto: Twitter)

ANKARA – Oman akan menjadi negara Arab berikutnya yang menjalin hubungan dengan Israel, demikian dilaporkan media Israel pada Minggu (25/10/2020). Menurut laporan Channel 12, pejabat Israel percaya bahwa Oman akan segera menandatangani kesepakatan normalisasi dengan Israel di bawah sponsor Amerika Serikat (AS).

Meski begitu, saluran televisi itu mengatakan bahwa normalisasi hubungan Israel-Oman kemungkinan akan terjadi setelah pemilihan presiden AS, demikian dilaporkan Anadolu.

BACA JUGA: Sudan Setujui Normalisasi Hubungan dengan Israel

Muscat sejauh ini belum mengomentari laporan media Israel tersebut.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu baru-baru ini mengonfirmasi bahwa "negara lain akan mengikuti", mengacu pada kesepakatan normalisasi Israel dengan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Sudan.

Oman menyambut baik langkah Emirat dan Bahrain untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Pada 2018, Netanyahu melakukan kunjungan mendadak ke Oman dan bertemu dengan mendiang Sultan Qaboos bin Saeed.

BACA JUGA: Khianati Perjuangan Palestina, 4 Negara Arab Ini Normalisasi Hubungan dengan Israel

Pada Jumat (23/10/2020), Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa Sudan dan Israel setuju untuk menormalkan hubungan mereka.

Sudan menjadi negara Arab kelima yang menjalin hubungan resmi dengan Israel setelah Mesir pada 1979, Yordania pada 1994, serta UEA dan Bahrain pada September 2020.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini