Tenaga Kesehatan Meninggal karena Corona, Anaknya Selamat Setelah Operasi Cesar

Fathnur Rohman, Okezone · Kamis 05 November 2020 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 525 2304765 tenaga-kesehatan-meninggal-karena-corona-anaknya-selamat-setelah-operasi-cesar-Ly4jDGQvVk.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone/Taufik Budi)

CIREBON - Seorang tenaga kesehatan (nakes) di RSD Gunung Jati, Kota Cirebon, Jawa Barat, dikabarkan meninggal dunia akibat terpapar virus corona atau Covid-19, Kamis (5/11/2020).

Untuk diketahui, nakes tersebut dalam keadaan hamil anak ketiga dan sempat menjalani perawatan di RSUP Fatmawati Jakarta sebelum meninggal dunia. Sang anak berhasil diselamatkan melalui operasi cesar.

Diketahui, nakes ini telah bekerja di RSD Gunung Jati Kota Cirebon sejak tahun 2015. Ia dipastikan terkonfirmasi positif Covid-19 pada 20 Oktober 2020.

Menurut Direktur RSD Gunung Jati, dr Ismail Jamaludin, sampai saat ini sudah ada dua nakes di RSD Gunung Jati yang meninggal karena terpapar Covid-19. Almarhumah, kata dia, sempat dirawat di ruang isolasi RSD Gunung Jati sebelum dirujuk ke RSUP Fatmawati Jakarta.

"Almarhumah dalam keadaan hamil anak ketiga dan kondisi almarhumah tidak stabil sehingga atas indikasi medis, kehamilan yang dalam kondisi matur segera diterminasi melalui operasi sesar. Bayi dalam kondisi sehat, hasil swab negatif dan saat ini dirawat oleh keluarganya," kata Ismail dalam keterangan resminya, Kamis (5/11/2020).

Baca Juga : Terpapar Corona, 2 Petugas Medis di Bekasi Meninggal Dunia

Baca Juga : PA 212 Bakal Jemput Habib Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta

Ismail menjelaskan, kehamilan bisa menjadi faktor yang memperberat kondisi sakit bagi penderita Covid-19. Sehingga setelah melahirkan almarhumah langsung dirujuk ke RSUP Fatmawati Jakarta.

"Dengan mempertimbangkan perkembangan kondisi klinis dan sesuai indikasi maka Tim Ahli Klinis RSGJ merujuk almarhumah ke RSUP Fatmawati. Almarhumah dirujuk pada tanggal 5 November 2020 dan tiba sekitar pukul 01.00 WIB. Kondisi almarhumah mengalami perburukan dan tidak tertolong, dinyatakan meninggal pada pukul 06.00 WIB," ujarnya.

Ismail berharap, agar keluarga almarhumah diberikan ketabahan. Selain itu, ia meminta supaya pengabdian dan perjuangan nakes ini bisa menjadi inspirasi, khususnya civitas hospitalia RSD Gunung Jati Kota Cirebon.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini