Gubernur HM Nurdin Abdullah: Pertanian Sulsel Berpotensi untuk Dunia

iNews TV, MNC Media · Kamis 26 November 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 609 2316777 gubernur-hm-nurdin-abdullah-pertanian-sulsel-berpotensi-untuk-dunia-8rBtWVfPse.jpeg Gubenur Sulsel Nurdin Abdullah. Foto: dok Okezone

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah berharap Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Litbang) Makassar dan Sulsel lebih fokus melakukan penelitian di sektor produksi pertanian.

"Kita harus lebih fokus kepada bagaimana sektor pertanian kita dorong untuk peningkatan produksinya," kata Nurdin Abdullah dalam sambutannya, di Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Pangan Daerah Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, Kamis, 26 November 2020.

(Baca juga: Kasus Kerumunan Habib Rizieq Belum Ada Tersangka, Polisi: Tak Bisa Buru-Buru)

Menurut Nurdin, saat ini masih banyak potensi yang belum di ekspos dengan baik di Sulsel. Mulai dari potensi pertanian maupun potensi kelautan. "Ada potensi yang belum kita gali sebenarnya. Kalau kita lihat potensi kelautan kita ini sangat besar, tidak hanya kita lirik yang ada di darat, tetapi kita juga akan gali yang di laut," jelasnya.

Lebih lanjut, Nurdin berharap, Sulsel bukan hanya memberikan makan untuk 22 provinsi se-Indonesia tapi harus berpikir untuk memberikan makan kepada dunia."Saya kira tidak layak lagi kita bicara bahwa Sulsel memberikan makan untuk Indonesia, tapi bagaimana Sulsel memberikan makan untuk dunia," katanya.

(Baca juga: Diseret Napoleon, Kabareskrim: Faktanya Saya Tak Ragu Usut Kasus Djoko Tjandra)

Untuk mencapai hal tersebut, kita bisa memanfaatkan potensi air yang dimiliki Sulsel saat ini yang sudah kelebihan air, termasuk banyak lahan yang kering di setiap daerah di Sulsel. "Saya kira beberapa potensi kita, seperti lahan kering kita ada 70 persen, sementara air ada di sekeliling kita," tutupnya.

Untuk diketahui, hadir pada kesempatan tersebut bupati dan wali kota beserta beberapa pejabat Eselon II lingkup Pemprov Sulsel dan seluruh hadirin lainnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini