Makan Ternak Warga, Ular Sanca 6 Meter Dievakuasi Damkar

Eddie Prayitno, iNews · Kamis 03 Desember 2020 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 512 2320980 makan-ternak-warga-ular-sanca-6-meter-dievakuasi-damkar-jhi4tmkTrH.png Ular sanca sepanjang 6 meter dievakuasi petugas Damkar. (Foto: tangkapan layar)

KENDAL - Seekor ular sanca kembang berukuran besar dengan panjang enam meter, dievakuasi petugas Damkar Kendal, Jawa Tengah, saat sembunyi di kandang ayam milik warga. Diduga ular sanca ini berasal dari Sungai Bodri, dan memangsa hewan ternak milik warga.

Dalam video penangkapan ular sanca kembang berukuran besar ini, terlihat petugas Pemadam Kebakaran dari Satpol PP dan Damkar Kendal, sangat berhati-hati. Pasalnya ular dengan panjang enam meter ini, bersembunyi di kandang ayam milik Nawirin di Desa Botoulyo, Kecamatan Cepiring, Kendal, Kamis dinihari.

(Baca juga: Ali Kalora Cs Belum Tertangkap, IPW Sebut Gegara Polisi Takut Masuk Hutan)

Penangkapan ular sanca kembang ini dilakukan dengan cara manual. Diduga ular sanca tersebut habis memakan hewan warga, berupa ayam dan burung merpati sehingga mudah ditangkap.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kendal, Toni Ari Wibowo mengatakan, penangkapan ular sanca yang tergolong besar ini setelah warga resah dengan sering hilangnya hewan ternak terutama unggas.

“Warga yang mengetahui ada ular sanca berukuran besar, kemudian meminta bantuan untuk mengevakuasi dari kandang ayam milik warga,” kata Toni, Kamis (3/12/2020).

(Baca juga: Deklarasi Benny Wenda, Polri: Papua Barat Milik NKRI, Tak Bisa Ditawar!)

Lbih lanjut Toni mengatakan, ular sanca yang ditangkap petugas merupakan yang terbesar, dari penangkapan ular sebelumnya. Nantinya ular sanca ini akan diserahkan ke taman margasatwa Mangkang Kota Semarang, untuk dirawat dengan baik.

Toni Ari Wibowo, Kasatpol PP mengimbau warga untuk mewaspadai keberadaan hewan melata ini. “Dikarenakan musim hujan sudah mulai datang sehiingga marak ular yang keluar untuk mencari makanan,” kata Toni.

(don)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini