Paslon Saling Klaim Kemenangan, KPU PALI: Hasil Resmi Setelah Tahapan Pleno

Bisrun Silvana, iNews · Kamis 10 Desember 2020 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 610 2325137 paslon-saling-klaim-kemenangan-kpu-pali-hasil-resmi-setelah-tahapan-pleno-YIFHi3WZtl.png KPUD Pali minta bersabar terkait klaim kemenangan paslon. (Foto Bisrun Silvana)

PALI - Pasca pemungutan suara, dua pasangan calon (paslon) peserta Pilkada PALI, Sumatera Selatan, sama-sama menyatakan kemenangannya. Pernyataan kemenangan lebih dahulu disampaikan tim penghitungan cepat dari paslon nomor urut 2 Heri Amalindo-Soemarjono (Hero) yang mengklaim jagoannya unggul dan memperoleh suara 52 persen dari rivalnya.

Sementara dari tim pemenangan pasangan calon nomor urut 1 Devi Haryanto-Darmadi Suhaimi (DH-DS) melalui Mairil Aprianto juga mengklaim perolehan suara DH-DS menang, mengungguli saingannya (paslon Hero) di atas 2 persen.

(Baca juga: #KeadilanUntukUmatIslam Menggema di Medsos, Netizen: Selamat Jalan Syuhada!)

Menyikapi adanya saling klaim tersebut, Sunario SE, ketua KPU PALI meminta masyarakat agar tetap tenang dan bersabar dalam menyikapi informasi dari masing-masing paslon yang menyatakan kemenangannya.

"Hasil resminya kita tunggu pleno terbuka berjenjang yang dilakukan KPU, dari tingkat PPK sampai ke kabupaten. Tetap tenang dan jaga persatuan agar suasan kondusif di kabupaten kita ini tetap terjaga. Jadi siapa yang menangkan Pilkada ini, tunggu hasil resmi pleno KPU PALI," ungkap Sunario, Kamis (10/12).

Ditambahkannya bahwa untuk rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat PPK direncanakan tanggal 12 Desember 2020. “Insyaallah lusa dilaksanakan rapat pleno tingkat PPK. Dan setelah tingkat PPK akan digelar pleno terbuka di tingkat kabupaten," tukasnya.

Untuk hasil pemungutan suara di desa, diakui Sunario bahwa mulai hari ini diumumkan secara serentak di PPS masing-masing. “Bagi masyarakat PALI silahkan pantau hasil penghitungan suara di PPS masing-masing. Karena hari ini, serentak diumumkan dan hasil penghitungan suara di tempel di seluruh sekretariat PPS," terangnya.

(Baca juga: Kompolnas Anggap Tim Independen Tak Diperlukan Usut Penembakan 6 Laskar FPI)

Terkait pengamanan, Sunario menyatakan bahwa KPU telah berkoordinasi dengan Polres PALI untuk menambah personil di PPK. "Untuk menjaga situasi keamanan agar tetap kondusif, kita minta Polres menambah anggotanya menjaga di PPK. Setelah pleno terbuka di PPK selesai, personil pengamanan akan ditarik untuk mengamankan di sekretariat KPU PALI," ujarnya.

Dalam menilai pelaksanaan pemungutan suara, Sunario memberi apresiasi kepada seluruh masyarakat PALI yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pesta demokrasi.

"Alhamdulillah, berkat dukungan semua masyarakat jalannya pemungutan suara lancar dan aman, juga tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi, dikisaran 79 persen sampai 80 persen," tutupnya.

(don)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini