Real Count Pilkada OKU, Petahana Menang Lawan Kolom Kosong

Widori Agustino, iNews · Kamis 10 Desember 2020 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 610 2325276 real-count-pilkada-oku-petahana-menang-lawan-kolom-kosong-jEwsk3XHbz.png Calon Bupati OKU Kuryana Aziz saat melaksanakan pencoblosan. Foto: Widori Dongdong

BATURAJA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komering Ulu (OKU), mengungkapkan hasil sementara penghitungan suara pilkada OKU yang dikumpulkan timnya dari data foto C1 Plano petugas KPPS dari Tempat Pemunggutan Suara (TPS) di 500 TPS dari 725 TPS yang ada di Kabupaten OKU paslon petahana Kuryana dan Johan Anuar berhasil unggul melawan kolom kosong.

(Baca juga: Unggul di Pilkada Kabupaten Bandung, Dadang-Sahrul Yakin Real Count Tak Jauh Beda)

Ketua KPU OKU Naning Wijaya mengungkapkan Kuryana dan Johan berhasil meraih 65 persen sementara kolom kosong hanya 34 persen. "Tapi ini belum data real, itu kami dapat data foto C1 plano dari petugas dilapangan saat ini Kuryana dan Johan lebih unggul dari kolom kosong," jelas Naning Wijaya, saat ditanya Kamis (10/12/2020).

Dikatakan Naning, banyaknya hitung cepat dari internal paslon tidak ada masalah selagi pungut hitung, lanjut Naning, tidak ada yang berhak menyampaikan perolehan suara untuk kepentingan eksternal. “Kalau untuk kebutuhan internal seperti tim kampanye, pemantau atau masyarakat yang melakukan penghitungan sendiri silahkan saja,” terang Naning.

Naning menjelaskan, hasil- hasil perhitungan untuk internal tersebut tidak bisa dijadikan acuan tetap berdasarkan acuan KPU OKU. “Kita berharap kawan-kawan di kecamatan segera melaksanakan rapat pleno yang dijadwalkan pada 10-14 Desember 2020,” ungkap Naning.

Untuk pleno tingkat Kabupaten, lanjut Naning, dijadwalkan pada 10-20 Desember 2020. “Jadi, semoga dapat melaksanakan tepat waktu sehingga kita nanti dapat melaksanakan lebih awal dari yang dijadwalkan,” imbuh Naning.

(Baca juga: Kompolnas Anggap Tim Independen Tak Diperlukan Usut Penembakan 6 Laskar FPI)

Ditambahkan Naning, pihaknya merasakan bahwa pelaksanaan Pilkada OKU tidak ada hal-hal yang membuat penyelenggara Pilkada OKU terganggu pada hari. “Alhamdulilah lancar dan kondusif,” tukas Naning.

Naning menghimbau kepada masyarakat OKU untuk tidak mempercayai postingan-postingan di media sosial terkait hasil perolehan suara di media sosial. “Hasil rekapitulasi di TPS itu terdapat 725 TPS sementara yang berhak mendapat C1 plano itu hanya saksi di TPS dan pemantau,” pungkas Naning.

(don)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini