Ribuan Orang Iringi Pemakaman Habib Hasan, Satgas Covid-19: Kami Tidak Menduga

Jaka Samudra, iNews · Senin 28 Desember 2020 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 519 2334960 ribuan-orang-iringi-pemakaman-habib-hasan-satgas-covid-19-kami-tidak-menduga-MZXrErYByr.jpg Pemakaman Habib Hasan di Pasuruan, Jawa Timur diiringi ribuan orang (Foto: Jaka Samudra)

PASURUAN - Ribuan orang mengantarkan pemakaman jenazah Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf di Kota Pasuruan, Jawa Timur. Tim Satgas Covid-19 setempat mengaku tak mampu membendung banyaknya orang yang datang melayat tokoh ulama kharismatik itu

Suasana saat jenazah Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf dibawa dari rumah duka ke Masjid Jamik, Al Anwar Kota Pasuruan pada Minggu 27 Desember 2020 sore.

Ribuan petakziyah berkumpul di sepanjang alun alun dan masjid setempat sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada tokoh agama dan imam Masjid Jamik Al Anwar, yang berlokasi di samping barat alun-alun Kota Pasuruan.

Baca Juga: Operasi Lilin Jaya, 36 Orang Dinyatakan Reaktif Covid-19

Saking banyaknya petakziayah, batas pagar masjid sampai roboh akibat jamaah yang saling berdesakan begitu juga terlihat di dalam masjid.

Habib Hasan dikenal sebagai sosok habib yang sangat bersahaja, sederhana dan kerap mendatangi majelis ilmu maupun sholawat di Pasuruan.

Kecintaan umat muslim membuat pemakamannya dipenuhi ribuan orang hampir dari daerah Jatim dan luar kota Semarang dan Jakarta. 

Satgas Covid-19 menilai hadirnya ribuan jamaah petakziyah di luar dugaan. Meski demikian, pihaknya akan melakukan tracing dan tracking terkait kejadian tersebut

"Kami tidak menduga seperti itu kejadiannya, dalam pengamatan kita sebagian masyarakat sudah memakai masker, tapi sulit menjaga jarak, beliau memang tokoh masyarakat sehingga banyak yang ingin datang, kita doakan saja semoga tidak menjadi klaster Covid," ujar Humas Satgas Covid-19 Kota Pasuruan Kokoh Ari Hidayat, Senin (28/12/2020).

"Nanti kita lihat kasus per kasus, kalau (ada yang positif) memang ada asalnya dari sana kita akan lakukan tracing," imbuhnya.

Baca Juga: Ketua PN Depok Positif Covid-19, Kantor PN Ditutup Sementara

Setelah itu, jenazahnya dikebemumikan di komplek pemakaman di belakang Masjid Jamik Al Anwar. Habib Hasan merupakah ayah Habib Abu Bakar Assegaf dan mertua Habib Taufik Assegaf salah satu toko ulama kharismatik di kota Pasuruan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini