Vaksinasi di Malang Direncanakan Dimulai Pertengahan Januari

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 05 Januari 2021 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 519 2339478 vaksinasi-di-malang-direncanakan-dimulai-pertengahan-januari-GXFh0gNZN1.jpg Foto: Shutterstock

MALANG - Program vaksinasi Covid-19 direncanakan akan dilakukan pada pertengahan Januari 2021 di sejumlah daerah di Indonesia. Hal ini berdasarkan rapat koordinasi yang dilakukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes), BNPB dengan sejumlah kepala daerah di Indonesia pada Selasa (5/1/2021).

Rencananya vaksinasi akan dilakukan simbolis pada 13 Januari 2021 di tingkat pusat. Sedangkan untuk tingkat daerah bakal dilakukan pada 14 dan 15 Januari 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Malang dr. Husnul Muarif mengatakan, vaksinasi akan dilakukan simbolis dari pemerintah pusat diikuti pemerintah daerah di hari berikutnya.

"Nanti pelaksanaan akan dilakukan secara simbolis. Mulai dari Presiden, Menteri, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Sedangkan untuk di daerah, akan dilakukan oleh Gubernur, Sekda maupun Forkompimda," ujar dr. Husnul Muarif dikonfirmasi pada Selasa.

Husnul menambahkan, tiga poin utama yang ditekankan Kemenkes dalam rapat koordinasi tadi yakni ketersediaan, pendistribusian, dan jadwal pelaksanaan vaksin. Sementara untuk prioritas vaksinasi saat ini adalah tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, lanjut usia, dan masyarakat yang rentan.

"Nanti pengaturannya itu diserahkan semua kepada kepala daerah. Nanti ada tahapannya, tahap 1, tahap 2, dan tahap 3. Nah ini nanti yang harus disosialisasikan kepada masyarakat," ucapnya.

Pria yang juga Direktur RSUD Kota Malang ini menitipkan pesan dari BNPB kepada masyarakat, bahwa vaksinasi bukanlah akhir dari Covid-19. Maka tetap diperlukan menerapkan protokol kesehatan.

"Vaksin ini bukan akhir dari segalanya. Jadi sekalipun di vaksin, Covid-19 bukan berhenti. Sehingga vaksin ini hanya sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran daripada virus Covid-19," tukasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini