Bupati Sleman Sembuh dari Covid-19 Usai Isolasi 14 Hari

Priyo Setyawan, Koran SI · Rabu 03 Februari 2021 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 510 2355786 bupati-sleman-sembuh-dari-covid-19-usai-isolasi-14-hari-MUkh8Q0g3B.jpg Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto: Priyo Setyawan)

SLEMAN - Bupati Sleman Sri Purnomo dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah menjalani isolasi mandiri dan pengobatan selama 14 hari. Kesembuhan tersebut berdasarkan hasil swab antigen, Senin 1 Februari 2021 dengan hasil negatif.

Sri Purnomo dinyatakan positif Covid-19, diawali dari hidung tersebut, Senin 18 Januari 2021, dan Selasa 19 Januari 20210 pagi badannya meriang dan sudah tidak bisa olahraga lari pagi, tetapi tetap melaksanakan tugas. Di antaranya menemani Sri Sultan memasang patok trace Jalan Tol Yogya Bawen di Tempel.

Baca Juga:  Bantah Bupati Sleman Positif Usai Suntik Vaksin Covid-19, Kemenkes: Vaksin Bukan Penyebabnya

Kemudian, pada Rabu 19 Januari 2021, meski tidak enak badan masih masuk kerja termasuk menerima audiens dari BPOM Yogya, dan Rabu siang karena badannya semakin tidak enak istirahat di rumah, oleh keluargnya diminta rapid swab antigen, dan hasilnya positif dilanjutkan swab PCR hasilnya keluar Kamis 21 Januari 2021 pagi juga positif. Karena tidak bergejala tidak dirawat di rumah sakit, hanya isolasi mandiri selama 14 hari di rumah dinas.

“Setelah saya melaksanakan swab antigen, Senin (1 Februari) sore, ternyata hasilnya negatif dan mulai hari Selasa (2 Februari 2021) mulai masuk kerja dan kembali melakukan kegiatan seperti biasanya,” kata Sri Purnomo saat konferensi pers di media center penanganan Covid-19 Sleman, Rabu (3/2/201).

Sri Purnomo mengatakan, selama melakukan isolasi mandiri, dilakukan pemantauan perekmbangan kesehatan secara rutin oleh dokter penanggung jawab penyakit dalam Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman. Selama isolasi mandiri, tidak mengalami gejala apapun dan tetap aktif bekerja di rumah.

“Selama melakukan isolasi mandiri saya tetap menghadiri sejumlah agenda kegiatan Pemerintah Kabupaten Sleman secara virtual (zoom meeting),” paparnya.

Sri Purnomo mengimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin terhadap protokol kesehatan dengan menerapkan Cita Mas Jajar (cuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker, jaga jarak tidak berkerumuan). Selain itu, juga diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga.

“Hal penting lainnya, saat selfi tidak melepas masker,” terangnya.

Baca Juga:  Bupati Sleman Positif Covid-19 Usai Vaksinasi, Dinkes: Bukan Disebabkan Vaksin Sinovac!

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastaryo menambahkan, jika merujuk pada pedoman Kementerian Kesehatan, untuk kategori orang tanpa gejala, setelah melakukan isolasi mandiri selama 10 sampai dengan 14 hari dapat dinyatakan sembuh secara epidemiologis.

“Secara epidemiologis itu bisa dinyatakan sembuh, kalau misalnya ada virus, itu hanya tinggal sisa-sisanya dan tidak menular, kalau tanpa gejala seperti itu,” jelasnya.

Hal tersebut dinilai sesuai dengan apa yang dialami Bupati Sleman dengan kategori orang tanpa gejala dan telah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, serta dilakukan swab antigen kembali, dengan hasil negatif.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini