11 Jam Suara Dentuman Terdengar di Malang, Begini Penjelasannya

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 03 Februari 2021 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 519 2355668 11-jam-suara-dentuman-terdengar-di-malang-begini-penjelasannya-oMfLwTbymk.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

MALANG - Suara dentuman misterius yang didengar warga Malang raya dan sekitarnya masih menjadi misteri. Hal ini karena dari sejumlah instansi yang membidangi vulkanologi, geologi, dan meteorologi belum bisa menjelaskan fenomena apa yang terjadi di Malang raya.

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Haerani menyatakan, pihaknya memang menerima informasi dari masyarakat mengenai adanya suara dentuman yang didengar hingga wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Bahkan dari laporan masyarakat juga menduga suara dentuman ini berasal dari Gunung Raung di Banyuwangi yang tengah erupsi.

"Laporan masyarakat suara dari Gunung Raung terdengar hingga Kalipuro - Banyuwangi, 20 km dari titik erupsi kawah puncak Gunung Raung," ucap Nia saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (3/2/2021).

Baca juga:  8 Fakta Suara Dentuman Misterius di Malang, Suaranya Terasa Sampai Saat Ini

Namun ia belum berani memastikan apakah suara itu memang berasal dari Gunung Raung atau bukan. Mengingat logika jarak suara Gunung Raung dengan wilayah Malang yang cukup jauh.

"Saat ini yang mengalami erupsi Gunung Raung. Saya tidak bisa memastikan apakah suara yang terdengar di Malang dan Pasuruan berasal dari (Gunung) Raung," tuturnya.

Baca juga:  Dentuman Misterius di Malang Raya, BPBD Masih Cari Sumber Suara

Sedangkan pihak BPBD Kota Malang melalui Kepala BPBD Kota Malang Alie Mulyanto mengakui bila ada informasi dentuman juga didengar oleh teman - teman di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Namun pihaknya juga belum dapat memastikan sumber suara dentuman tersebut.

"Kita belum bisa memperkirakan itu berasal dari mana, namun memang benar ada dentuman, tapi kita belum tahu itu gejala alam atau apa," katanya.

Hal serupa ditegaskan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates Malang Mamuri yang menyatakan alat BMKG tidak merekam pergerakan atau suara dentuman misterius yang didengar banyak warga Malang raya dan sekitarnya.

"Berdasarkan data sensor sismic di Malang, Tretes, dan Gedangan pada rentang waktu pukul 24.00-03.00 WIB, tidak menunjukan peningkatan aktifitas kegempaan. Demikian pula dari data aktifitas sambaran petir juga tidak menunjukan anomali peningkatan. Jadi sampai saat ini kami masih belum jelas kepastian sumber suara dentuman tersebut," terang Mamuri.

Hingga berita ini ditulis sekitar pukul 11.25 WIB, suara dentuman misterius masih terdengar di perumahan di Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Artinya sejak Selasa malam 2 Februari 2021 kemarin telah hampir 11 jam suara dentuman misterius itu terdengar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini