Share

Peta Lokasi Pengujian Covid-19 Tak Sengaja Ungkap Pangkalan Militer Rahasia Israel

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 24 Maret 2021 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 18 2383179 peta-lokasi-pengujian-covid-19-tak-sengaja-ungkap-pangkalan-militer-rahasia-israel-rPtjr9CSXQ.jpg Foto: Reuters.

TEL AVIV - Sebuah peta rinci pusat pengujian COVID-19 di Israel, yang diterbitkan oleh Portal Darurat Nasional, tampaknya mengungkapkan lebih banyak dari yang seharusnya. Menurut surat kabar Haaretz, peta itu juga memuat informasi tentang pangkalan militer Israel, termasuk yang tidak diungkap dan lokasinya dirahasiakan oleh Tel Aviv.

Peta tersebut dilaporkan menunjukkan di mana pangkalan Angkatan Udara dan Intelijen Militer Israel berada.

BACA JUGA: Iran Bersumpah Ratakan Dua Kota Terbesar Israel Jika Fasilitas Nuklirnya Diserang

Peta itu konon sangat rinci sehingga tidak hanya menunjukkan lokasi dan nama fasilitas militer, tetapi bahkan mengungkapkan ukuran dan batas tepatnya. Informasi semacam itu berpotensi digunakan oleh musuh Tel Aviv, jika ingin melakukan serangan ke Israel atau kompleks militer tertentu.

Menurut juru bicara Pasukan Keamanan Israel (IDF), diungkapnya informasi tentang pangkalan militer itu adalah sebuah ketidaksengajaan dan data rahasia itu telah dihapus. Menurut juru bicara itu, "penandaan" fasilitas IDF di peta tersebut bukan dilakukan oleh militer, "tetapi disalin dari peta yang ada di situs (sipil)".

BACA JUGA: Palestina Tuduh Israel Hentikan Pengiriman 2.000 Dosis Vaksin Sputnik V

Tidak diketahui berapa banyak orang yang telah melihat peta tersebut sebelum diperbaiki, dan apakah ada tangkapan layar terkait informasi rahasia itu yang telah dibuat. Israel menghadapi konflik dan serangan berkelanjutan dari sayap militer Hamas dan Hizbullah melalui tembakan mortir dan roket.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini