Banyak Warga Sleman Positif Covid-19 dari Klaster Takziah, Sultan HB X Marah

Priyo Setyawan, Koran SI · Selasa 30 Maret 2021 22:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 510 2386806 banyak-warga-sleman-positif-covid-19-dari-klaster-takziah-sultan-hb-x-marah-6fCEtBtQjq.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

SLEMAN - Munculnya klaster takziah Covid-19 di Sleman mendapat perhatian serius Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Selain memberikan teguran kepada Pemkab Sleman.

Teguran diberikan agar tidak lengah dalam melakukan pengawasan terhadap kegiatan warganya, termasuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Sultan juga menyayangkan terjadinya klaster tersebut Apalagi kasus itu saat penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Bupati Sleman Kustini mengatakan mengenai teguran itu, siap menikdalanjutinya. Selain akan menggelar rapat bersama lurah hingga dukuh. Juga akan memperketat kegiatan sosial di masyarakat, termasuk takziah.

"Kami akan perketat lagi. Boleh layatan, asalkan mematuhi prokes, dan tidak boleh lama-lama. Apalagi bergerombol, itu jangan," katanya.

Menurut Kustini, dari informasi sebenarnya warga yang datang dan mengikuti layatan di padukuhan Blekik, Sardonoharjo, Ngaglik dan Plalangan, Pandowoharjo, Sleman sudah menerapkan prokes, termasuk mengenakan masker dan setelah acara juga tidak ada yang bergejala.

Namun selang beberapa hari ada yang sakit dan positif Covid-19. Setelah dilakukan tracing beberapa warga lain juga dinyatakan positif Covid-19. Padahal selama PPKM kasus Covid-19 di Sleman mulai menuruan, Sleman pun sudah zona kuning menuju zona hijau.

Namun sekarang penularan kembali meningkat. Bahkan Sleman kembali masuk zona merah.

“Karena itu, selain akan memperketat kegiatan sosial di masyarakat, kami juga mengimbau warga jangan lengah dan senantiasa mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

Sebagaimana diberitakan dua padukuhan di Sleman, yakni Padukuhan Plalangan, Pandowoharjo, Sleman dan Padukuhan Blekik, Sardonoharjo, Ngaglik muncul klaster takziah Covid-19.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini