4 WNI Korban Penyanderaan Abu Sayyaf Diserahterimakan Kepada Keluarga

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 05 April 2021 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 18 2389421 4-wni-korban-penyanderaan-abu-sayyaf-diserahterimakan-kepada-keluarga-qQJ3KVSOjr.jpg Foto: tangkapan layar.

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi pada Senin (5/4/2021) menyerahterimakan para warga Indonesia (WNI) yang berhasil dibebaskan dari penyanderaan kelompok teroris Abu Sayyaf pada bulan lalu kepada keluarga mereka.

“Dengan mengucapkan puji syukur Alhamdulillah, pada pagi ini, saya atas nama Pemerintah Indonesia menyerahterimakan empat saudara kita, yaitu Bapak Arsyad, Bapak Arizal, Bapak Riswanto, dan Bapak Kairudin, kepada keluarga,” kata Menlu Retno dalam pidatonya, Senin.

BACA JUGA: Diterbangkan dengan Pesawat Khusus, 4 WNI Sandera Abu Sayyaf Diterima KBRI Manila

Tiga WNI, Arsyad, Arizal, dan Riswanto dibebaskan oleh pasukan keamanan Filipina di Tawi-Tawi pada 18 Maret, sementara sandera keempat, Kairudin dibebaskan tiga hari kemudian pada 21 Maret.

Keempat WNI itu telah ditangkap kelompok Abu Sayyaf sejak Januari 2020 dan telah disandera selama 427 hari atau lebih dari 1 tahun 3 bulan. Sejak 2016, sebanyak 44 WNI telah disandera kelompok Abu Sayyaf.

BACA JUGA: Bebaskan Sandera WNI, Pasukan Filipina Tewaskan Seorang Pemimpin Abu Sayyaf

“Dengan pembebasan ini, maka tidak ada WNI yang saat ini menjadi korban penyanderaan. Ke depan, kita harus memperkuat aspek pencegahan. Meningkatkan pengamanan di perairan Sabah oleh Otoritas Malaysia dan dengan tentunya kerja sama dari kita dan juga dari Otoritas Filipina mutlak diperlukan,” kata Menlu Retno.

Menlu Retno mengimbau nelayan WNI yang bekerja di kapal ikan Malaysia agar meningkatkan kehati-hatian agar tidak menjadi korban penyanderaan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini