Air Batu Quran Pandegelang Dipercaya Bikin Awet Muda

Doddy Handoko , Okezone · Sabtu 22 Mei 2021 07:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 340 2413848 air-batu-quran-pandegelang-dipercaya-bikin-awet-muda-mx5aNKsc78.jpg Air Batu Quran di Pandeglang dipercaya bisa bikin awet muda (Foto : Sindonews)

BATU Quran terletak di kaki Gunung Karang, tepatnya di Desa Kadubumbang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandegelang. Konon, air kolam Batu Quran bisa dijadikan media penyembuhan beragam bentuk penyakit, termasuk awet muda dan memperhalus kulit.

Di daerah Cibulakan dan sekitarnya, air batu Qur'an sudah termasyur bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Batu Quran merupakan peninggalan Ki Mansyur, seorang ulama terkenal di zaman Kesultanan Banten abad ke-15. Air kolam pemandian yang tingginya hanya sekitar 1,5 meter dari dasar kolam tak bisa kering sekalipun musim kemarau berlangsung panjang.

Para ahli sejarah kepurbakalaan yakin bahwa batu bertulisan huruf-huruf Al-quran yang ada di batu-batu di dasar kolam Cibulakan, sengaja dibuat oleh pengikut Sultan Banten dalam rangka syiar Islam.

Batu-batu itu telah dijadikan media pengikut Sultan untuk warga Banten tentang bagaimana menghormati air untuk diminum, bagaimana menghormati air untuk dijadikan wudhu, dan bagaimana menjadikan air sebagai modal kehidupan.

Dijelaskan (alm) Ismetullah Al Abbas, tokoh Kesultanan Banten, batu-batu berhuruf arab itu lebarnya hanya sekitar 2 meter. Di pinggiran batu tersebut, terdapat sejumlah mata air yang deras dan bening airnya.

Di lokasi itulah pula, pengunjung sering berlama-lama berendam. Lokasi pemandian memang sangat sederhana dan kebersihannya juga kurang optimal.

“Pemandian ini mempunyai keunikan yakni menghilangkan penyakit,” ujarnya.

Di pinggiran batu tersebut, terdapat sejumlah mata air yang deras dan bening airnya. Dipojokan kolam juga terdapat pohon beringin yang sangat besar kurang lebih dengan ketinggian 30 meter.

Pada hari peringatan Maulud Nabi Muhammad tiba, biasanya puluhan bus ukuran besar dari berbagai kota parkir di lokasi wisata penziarahan makam Ki Mansyur di Cikaduen, Pandegelang.

Setelah mengunjungi makam Ki Mansyur, para wisatawan juga kerap menyempatkan diri berendam di kolam Cibulakan. Ketika pulang, pengunjung pun membawa oleh-oleh botol berisi air dari kolam Cibulakan.

Dan kegiatan itu sepertinya sudah mejadi tradisi yang berlangsung lama. Hasilnya pun menakjubkan. Karena sangat yakin (sugesti) air kolam pemandian Batu Qur'an bisa dijadikan obat, banyak pengunjung yang semula menderita penyakit kulit kini sembuh.

Masyarakat menyakini jika berendam di sekitar batu quran tersebut, penyakit kulit yang ada ditubuh akan mudah disembuhkan. Ada juga yang yakin sering berendam di kolam Cibulakan kulit akan menjadi lebih bersih karena air kolam Cibulakan mengandung unsur obat kimia yang bisa menghaluskan kulit.

Ada juga yang meyakini air kolam Cibulakan bisa dijadikan media penyembuhan beragam bentuk penyakit dalam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini