Cambridge English Qualification, Membangkitkan Semangat Belajar di Tengah Pandemi

Agustina Wulandari , Okezone · Jum'at 28 Mei 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 1 2416668 cambridge-english-qualification-membangkitkan-semangat-belajar-di-tengah-pandemi-4l6OLqT6qy.jpg Cambridge English Qualifications. (Foto: Dok.Cambridge Assessment)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 nampaknya memberikan dampak yang cukup signifikan dalam kegiatan belajar mengajar. Diperlukan adanya pemicu untuk membangkitkan semangat belajar di tengah pandemi, sebab situasi yang tak menentu kerap membuat para pelajar harus berusaha keras untuk tetap bertahan dan terus menuntut ilmu.

Tak heran, jika sebagian dari mereka bahkan kehilangan motivasi dan semangat untuk belajar. Dalam segala keterbatasan tersebut, beragam kegiatan bermanfaat dapat dilakukan untuk tetap menjadi produktif di masa pandemi, seperti mengikuti persiapan Cambridge English Qualification.

Ide ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat pelajar kembali ke jalurnya dan membangun kembali motivasi dan tujuan mereka. Tentunya, dengan memberi tujuan kepada para pelajar untuk diusahakan agar mereka dapat memberikan struktur pada pembelajarannya, berapa pun usia atau tahap pembelajaran mereka.

Dampak Positif pada Pembelajaran

Mengikuti ujian tentu bukan hanya tentang tujuan akhir dan sertifikat yang didapat. Ujian yang baik akan berdampak positif pada pembelajaran, seperti halnya Cambridge English Qualification yang dirancang sedemikian rupa.

Setiap ujian memiliki satu tujuan dari empat keterampilan yang ada, seperti membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan. Keterampilan tersebut kemudian dipecah menjadi sub-keterampilan yang relevan di setiap tingkat, misalnya di tingkat B1 dengan keterampilan membalas email, mendengarkan detail, atau membicarakan tentang kegemaran.

Hal ini berarti guru dan pelajar sama-sama memiliki tujuan yang harus dicapai dalam setiap minggu dan setiap pelajaran. Sedapat mungkin, waktu akan dihabiskan untuk mengembangkan keempat keterampilan dalam situasi otentik.

Dukungan untuk Orang Tua

Orang tua dapat membantu anak mereka pada usia berapa pun, dengan dukungan praktis dan emosional demi memastikan mereka tetap terus termotivasi. Kami menyediakan berbagai dukungan untuk membantu masalah ini, dengan mempertimbangkan situasi tertentu di mana orang tua mungkin tidak dapat berbicara bahasa Inggris, atau bahkan memiliki banyak waktu.

Bagi pelajar muda (usia 5-12 tahun), orang tua dapat menerapkan tips dari kami untuk mendukung anak melalui aktivitas menyenangkan selama 30 hari (https://assets.cambridgeenglish.org/schools/parent-infographic-web.pdf?_ga=2.53862112. 937533094.1592212598-943306997.1583225036), serta buklet gagasan (https://www.cambridgeenglish.org/images/425839-activity-booklet-parents-4pp-booklet.pdf) untuk belajar di rumah. Guru dapat menonton webinar kami (https://www.youtube.com/watch?v=R8dS7n8scyE) tentang kiat untuk orang tua dalam mendukung pelajar muda di rumah.

Pelajar muda sejatinya membutuhkan lebih banyak dukungan dari guru atau orang tua. Oleh karena itu, mengembangkan otonomi pada pelajar di sekolah menengah penting untuk membantu mereka.

Tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, tetapi juga dalam mengembangkan belajar mandiri dan keterampilan berpikir kritis. Sementara itu, pada level A2–C1, gunakanlah paket akses mandiri kami (https://www.cambridgeenglish.org/your-new-classroom/back-to-class/) untuk pelajar, serta berbagai aktivitas online melalui (https://www.cambridgeenglish.org/learning-english/activities-for-learners?skill=writing&level=independent&rows=12).

Baca Juga: Mengapa Menguasai Bahasa Inggris Sangat Penting di Era Digital? Ini Alasannya

Lingkungan yang Mendukung

Cambridge Assessment English tentunya memprioritaskan kesehatan dan keselamatan para kandidat dan keluarga mereka. Kami bekerja sama dengan pusat ujian kami untuk memastikan langkah-langkah yang tepat tersedia pada hari ujian.

Pusat ujian diharuskan untuk sepenuhnya mematuhi peraturan dan pedoman nasional dan lokal, bahkan kami telah memberikan dukungan tambahan untuk membantu pelajar melakukan ujian sesuai dengan praktik terbaik internasional. Tak perlu khawatir jika ujian harus dibatalkan, Sebab pelajar dapat menjadwalkan ulang ujian tersebut jika aman untuk dilakukan.

Pengakuan Sukses

Ketika anak menerima hasil ujian miliknya, mereka tentu merasa sangat bangga dan hal itu akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Hasil dari Cambridge English Qualifications dirancang untuk memberikan pemahaman yang jelas kepada pelajar, orang tua dan guru tentang kemajuan apa saja yang telah dilakukan sang anak, apa yang dapat mereka lakukan dalam bahasa Inggris, dan apa saja langkah selanjutnya dalam perjalanan belajar mereka.

Memiliki Nilai Lebih

Di masa-masa sulit ini, memiliki kualifikasi yang menunjukkan kemampuan bahasa Inggris siswa dapat membantu mereka memiliki nilai lebih ketika meninggalkan sekolah dan mendaftar di universitas atau pun bekerja. Meskipun ini mungkin tampak masih jauh bagi pelajar yang lebih muda, penting halnya untuk memastikan bahwa mereka tidak tertinggal karena dapat berdampak pada apa yang akan mereka capai ketika mereka lebih tua.

Cambridge English Qualification dirancang untuk mengembangkan langkah demi langkah sebelumnya, sehingga setiap langkah merupakan pencapaian penting dalam mencapai tujuan akhir siswa. Baik kembali ke kelas, mengajar online, atau melakukan kombinasi keduanya, kami memiliki semua yang Anda butuhkan untuk merasa percaya diri dan siap. Dengan sistem yang ditrapkan Cambridge English Qualification dipastikan dapat membangkitkan semangat belajar di di tengah pandemi bagi para peserta didik.

Temukan berbagai sumber daya dan alat ajar praktis kami melalui https://www.cambridgeenglish.org/your-new-classroom/. Informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi laman berikut ini https://www.cambridgeenglish.org/countries/indonesia/.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini